9 Pemuda Prakarsai Persiapan Awal Pembentukan Yayasan Pembinaan Muallaf Riau Inhil

Sabtu, 18 Juli 2020

Tim Formatur YPMR Inhil / marwahrakyat.com


Tembilahan, Marwahrakyat.com -- Menimbang sangat diperlukannya suatu wadah resmi, yang khusus melakukan pembinaan terhadap muallaf, maka diprakarsailah pembentukan Yayasan Pembinaan Muallaf Riau Inhil. Bertempat di kantor Notaris Norza Yulisa SH. M.Kn, sembilan pemuda inhil membuat perencanaan dan langkah strategis untuk mewujudkan hadirnya organisasi yang dapat memfasilitasi muallaf di kabupaten Indragiri Hilir (16/07/2020).

Kesembilan pemuda yang hadir, yang selanjutnya akan menjadi tim formatur dalam pembentukan kepengurusan YPMR yaitu Dr. Junaidi dari Unisi, Ustadz Ruhiyat dari Kemenag, Jon Hendri dan Hambali dari BRK Syariah, Dr. Syamsiah Nur dari STAI Auliaurrasyidin, Siswanto M.H.I dari KUA Concong, Lona Wijaya pendiri YPKR, Notaris Norza Yulisa, dan Hendro Lisa dosen STAI yang juga wartawan Inhil.

Jon Hendri pimpinan BRK Syariah, yang juga inisiator pembentukan YPMR Inhil, mengungkapkan bahwa diperlukan adanya suatu wadah bagi muallaf di kabupaten Indragiri Hilir.

"YPMR adalah suatu wadah bagi muallaf. Juga untuk memudahkan masyarakat Inhil dalam program mualaf kedepannya, mulai dari pendataan, pembinaan dan penyaluran bantuan." Tutur Jon.

Dr. Junaidi, menambahkan, "Harus ada kerjasama, dari berbagai elemen umat. YPMR adalah sebuah gagasan bagus yang perlu kita wujudkan secara bersama-sama."

Lona Wijaya, yang telah 10 tahun lebih memeluk Islam, dulunya seorang mualaf juga mengungkapkan bahwa begitu pentingnya wadah pembinaan bagi mualaf, seperti yang diprakarsai YPMR Inhil. Beliau menceritakan suka duka dan berbagai kesulitan yang dialami dimasa masa awal bersyahadat.

"Diawal masuk Islam, pasti banyak cobaan. Dari mana saja, dari berbagai sisi. Kami merasa bingung, berat dan campur aduk. Disitu saya mencari keberbagai tempat, yang bisa mengerti dan menguatkan kami lagi. Mualaf itu sensitif, sehingga keberadaan YPMR inhil, sangat urgen dibutuhkan umat kita, apalagi bagi para muallaf." Ujar Lona yang akrab disapa cece.

YPMR Inhil telah masuk ke tahap persiapan awal pembentukan pengurus, yang akan difixasi oleh tim formatur. Selanjutnya dalam perencanaannya akan ada penyusunan SOTK, pengukuhan pengurus serta sosialisasi program.