Zoom Solusi K3TK Balteng

Senin, 08 Juni 2020

Oleh: Diana Masdik

Marwahrakyat.com -- Lagi-lagi berhubungan dengan pandemi Covid-19. Kehadirannya benar-benar mengubah keberlangsungan kehidupan makhluk di dunia. Begitu pula bagi K3TK Balikpapan Tengah Kota Balikpapan. Kegiatan pertemuan rutin tiap bulan tak dapat dilaksanakan dengan dunia nyata atau langsung bertatap tanpa batas dan jarak.

Terkait anjuran pemerintah untuk social distancing atau menjaga jarak tersebut Kelompok Kerja Kepala TK (K3TK) Balikpapan Tengah sepakat untuk tetap melaksanakan walaupun menggunakan virtual meeting. Awalnya terasa berat, karena belum terbiasa menggunakan cara seperti ini. Tetapi mau tidak mau, suka atau tidak suka hal ini harus dilaksanakan.

Dipilihlah aplikasi zoom sebagai soluai pertemuan rutin. Disepakati bersama-sama demi keberlangsungan program kerja dan rutinitas pertemuan bulanan. Dimulai dengan zoom meeting pengurs K3TK Balikpapan Tengah. Dihadiri sepuluh pengurus, yaitu Ketua K3TK Rohani Handaling, S.PdI, Sekretaris Rika Amelia, SE.,S.Pd., Ketua Bidang Pendidian dan Pelatihan Masdiana Masdik, S.Pd. dan beberapa pengurus lainnya.

Pertemuan berlangsung kurang lebih dua jam, dimulai tepat pukul 10.00 sampai dengan pukul 12.00 WITA. Agenda meeting zoom saat itu membahas tentang program kerja Bakti Sosial yang merupakan kegiatan rutin Bidang kerohanian yang diketuai oleh Nur Maslaha S.Ag setiap tahun dan selalu dilaksanakan pada bulan Ramadan.

Biasanya yang menjadi sasaran adalah  rumah yatim piatu, tetapi karena Covid-19 sangat berdampak pada semua lapisan masyarakat. Maka baksos (bakti sosial) tahun ini berbeda seperti biasanya. Disepakati untuk membantu guru-guru di lingkungan Taman Kanak-Kanak masing-masing anggota K3TK Balteng, anak didik tak mampu. Jika rezeki yang dikumpulkan berlebih maka warga sekitar sekolah akan diberi santunan juga.  Diutamakan  yang sangat membutuhkan dan layak mendapatkan karena pandemi corona. 

Walaupun pertemuan perdana menggunakan zoom ini terasa asing, tetapi harus dikuasai seiring dengan berimbasnya pengetahuan tentang kemajuan teknologi. Kepala Sekolah TK juga harus bisa seperti guru di jenjang lainnya. Apalagi kini virtual meeting atau pelatihan-pelatihan juga sudah menggunakan bermacam-macam aplikasi. Pembelajaran pun diupayakan untuk menggunakan daring. Selain menggunakan zoom dapat juga dengan aplikasi google classroom atau WAG.

Keesokan harinya, pertemuan dilanjutkan bersama seluruh Kepala TK se-Balikpapan Tengah. Diharapkan seluruh Kepala TK yang berjumlah 32 orang dapat mengikuti pertemuan rutin ini. Tetapi  saat dimulainya pertemuan online tersebut beberapa Kepala TK berhalangan hadir.  Agenda yang akan disampaikan adalah hasil pertemuan pengurus satu hari sebelumnya. Kesepakatan pun  disetujui, bahwa setiap sekolah akan memberikan donasi minimla sebesar dua ratus ribu rupiah dan memberikan nama yang akan diberikan santunan.

Zoom sebagai solusi pertemuan rutin Kepala TK Balikpapan Tengah mengandung hal sangat penting, yaitu mengenalkan dan menggunakan aplikasi yang tak pernah dipergunakan, pandemi corona tak menghalangi rutinitas pertemuan dan mencapai kesapakan BAKSOS tetap dilaksanakan walau berubah sasaran yang akan menerima. Wabah tak menghalangi K3TK Balteng untuk berbagi. Semangat kemanusiaan tetap disematkan di batin. Berbagi itu indah.

***