Sinopsis Buku: Pendidikan dalam Bingkai Covid-19

Senin, 11 Mei 2020

Sampul Buku

Berkarya dalam Bingkai Covid-19

Oleh : Diana Masdik

Marwahrakyat.com, Kaltim -- Pandemi Covid-19 sudah mendunia, begitu juga di negeri tercinta Indonesia. Oleh karena itu telah mengakibatkan banyak hal dalam roda kehidupan berubah drastis. Mulai dari masalah ekonomi, sosial dan sendi kehidupan lainnya. Terlebih lagi dari sisi pendidikan. Meluasnya pandemi ini sangat memengaruhi .keberlangsungan pendidikan secara nyata di ruang kelas di sekolah-sekolah, ruang kampus, di wadah pelatihan-pelatihan ataupun rumah belajar informal lainnya.

Dunia pendidikan terkesan lumpuh akibat tak dapat melaksanakan kegiatan di dalam ranah sekolah-sekolah dari tingkat Paud hingga kegiatan belajar SMA/SMK. Begitu pula di bangku perkualiahan. Semua kegiatan tak dapat berlangsung dengan tatap muka secara nyata. Melainkan menggunakan beberapa teknologi dalam menunjang pelaksanaan pembelajaran di masing-masing jenjang, seperti goegle classroom, zoom, webex dan lain-lain.

Stay at Home dan Learn at Home adalah yang harus dilakukan semua orang, sesuai anjuran pemerintah yang sebaiknya dipatuhi sebagai warga negara yang baik untuk memutus rantai virus corona. Dalam mengisi keadaan ini dengan kegiatan positif, guru-guru Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kalimantan Timur yang diinisisasi oleh Sekretaris IGI Balikpapan (Masdiana, S.Pd) bersama-sama berkarya. Menuangkan apa yang dirasakan, dilihat dan dilakukan pada saat pandemi Covid-19 membelenggu ruang-ruang ilmu di seluruh penjuru negeri.

Tak ada yang sia-sia saat karya ini tulus dituangkan dalam bentuk tulisan yang luar biasa, bertajuk PENDIDIKAN DALAM BINGKAI COVID-19. Buku ini berisi karya tulis inspiratif dari enambelas guru berasal dari jenjang sekolah yang berbeda dari beberapa daerah Kotamadya dan Kabupaten di Kalimantan Timur dalam suasana Stay at Home dan Work from Home atas pandemi ini. Guru penulis hebat tersebut adalah Suparno, S.Pd. (SMKN 1 Teggarong), Masdiana, S.Pd. (TK Melati Balikpapan), Isnaini Fidhiatil Ula, M.Pd (SMP Negeri 3 Tenggarong), Deni Purba, S.Pd., MM.Pd (SDN 001 Balikpapan Kota), Dra. Erna Hikmati Hidayah (SMA Negeri 2 Bontang), Indah Yulianti, S.Pd. (SD Al Imam Islamic School Balikpapan), Muthi’ Masfu’ah, A.Md, CN NLP (KB/TK Islami Kreatif Salsabila Bontang), Patmi Yati (KB/TK Islam Kreatif Salsabila Samarinda), Ranem, M.Pd. (SMP Negeri 1 Tenggarong Seberang), Shanti Agustiani, S.Pd., M.Pd (MAN 2 Kutai Kartanegara), Tika Andriya, S.Si (SMP 6 Loakulu Kukar), Wahyuni Awal Sejati, S.Pd., M.Pd. (SMP Patra Dharma 2 Balikpapan), Hermin Susanti, S.Pd. (SMA Negeri 1 Muara Jawa), Ani Purwati, S.IP., M.Pd. (SD YPPSB Sangatta Kutai Timur), Lestari , S.Ag., M.Pd. (SDN 003 Balikpapan Kota) dan Amalia Nailoe Rahmah, S.Pd. (SDN 020 Perumnas Balikpapan).

Buku ini juga mengajarkan kepada pembacanya untuk tidak mengeluh dengan adanya pandemi Covid-19 dan memberi pesan moral yang tersirat dalam buku keren ini, bahwa pendidikan sejatinya dimulai dari keluarga dan lingkungan sekitar kita berada. Mengingat pembentukan karakter manusia lebih dominan terletak pada orang tua, keluarga dan lingkungan sekitar anak. Peran guru pun sangat penting, sebagai orang tua kedua bagi anak.

Walaupun banyak terkendala dalam roda kehidupaan. Dengan tekad tetap berkarya walau dunia berduka. Bersatu padu mencurahkan pikiran dan pengetahuan dalam mengisi masa ini. Tak ada yang dapat mencegah Guru Penulis IGI Kaltim untuk berkarya. Mengambil sisi positif atas kejadian luar biasa di muka bumi ini. Berusaha tak mengeluh atau menghardik, justru berupaya berpikir positif dengan melakukan ha-hal yang bermanfaat untuk diri dan orang lain. Guru Penulis IGI Kalimantan Timur yakin, badai ini pasti berlalu seiring pikiran dan perilaku kita semua positif. Terus Berkarya Tanpa Lelah, Demi Pendidikan Indonesia.