Bagaimana Menjelaskan Tentang Pandemi Covid-19 Kepada Anak Kita??

Selasa, 28 April 2020

Selviani, Marwahrakyat.com

Covid-19 yang sudah ditetapkan pemerintah sebagai bencana nasional (bencana non alam), menimbulkan banyak kecemasan bagi masyarakat. Tidak terkecuali anak-anak yang juga khawatir dengan melihat pemberitaan ini. Mungkin sebelumnya ayah dan bunda sering mendengar atau banyak menerima pertanyaan dari anak tersayang, seperti “Mengapa orang-orang banyak menggunakan masker?”. 

Nah ayah dan bunda, diperlukan strategi yang tepat nih untuk bisa menjelaskan Covid-19 ini kepada anak-anak tersayang, agar mereka dapat memahami dengan baik dan tidak takut berlebih. Dan bunda juga jangan takut untuk menjelaskan dan memberikan informasi seputar Covid-19 kepada anak. Berikut beberapa tips untuk membahas tentang Covid-19 kepada anak-anak tersayang:

1. Ayah dan bunda harus banyak membaca terlebih dahulu

Sebelum menjelaskan kepada anak tersayang tentang Covid-19. Ayah dan bunda harus memperkaya pengetahuan terlebih dahulu dengan informasi yang tepat (bukan hoax). Ini bisa ayah dan bunda dapatkan pada sumber-sumber resmi dan terpercaya atau merujuk pada lembaga seperti Kementerian Kesehatan RI dan world Health Organization (WHO).

2. Berikan penjelasan sewajarnya

Ayah dan bunda harus memberikan penjelasan dengan simple dan mudah yang dapat dimengerti anak. Jangan sampai memberikan terlalu banyak informasi, karena itu akan membuat anak menjadi bingung.

3. Ajak mereka untuk menceritakan keluh kesah mereka

Ajak anak terbuka dan berdiskusi tentang informasi yang mereka dengar dari orang lain dan bagaimana pendapat mereka tentang informasi tersebut. Ini juga bisa membantu dan melatih anak untuk berfikir positif dalam mencari jalan keluar dari permasalahan, atau bisa disebut sebagai problem solving.

4. Ajarkan anak-anak hal yang dilakukan agar tetap aman

Bantu dan semangati anak dengan mengajarkan mereka tentang apa yang perlu dilakukan untuk tetap aman. Ajarkan mereka untuk mencuci tangan dengan benar agar selalu bersih, gunakan masker, dan selalu berdoa agar diberikan perlindungan oleh Allah.

5. Buat jadwal harian selama dirumah

Karena sekoah di liburkan, ayah dan bunda harus kreatif nih membuat rutinitas anak dirumah agar mereka tidak bosan dan tetap mau belajar. Salah satunya buatkan anak jadwal kegiatan untuk makan, belajar, bermain, dan beribadah.

Yuk ayah dan bunda, terus miliki komunikasi yang terbuka kepada anak. Jika anak-anak terlalu takut terhadap pemberitaan seputar Covid-19, tidak apa-apa bagi ayah dan bunda untuk menjauh dari siklus berita saat ini untuk kepentingan kesehatan mental anak.

Terakhir, mengutip pesan Presiden Jokowi kepada masyarakat Indonesia, agar terus bersama-sama menangani Covid-19 ini dengan bergotong-royong, bersatu-padu, karena hanya dengan cara kebersamaan ini kita dapat berupaya memutus mata rantai peyebaran Covid-19.