Jubir Kesehatan Covid-19 Konfirmasi Hasil Swab Positif dan PDP Meninggal dengan Spesimen Tenggorokan Dikirim ke Jakarta

Jumat, 17 April 2020

dr Aleksis dalam Konferensi Pers di Kantor Diskominfops

Tembilahan, Marwahrakyat.com -- Tim Gugus Covid-19 Inhil melaksanakan konferensi pers di Posko Humas Covid-19, Kantor Diskominfops Inhil pada Jumat (17/4/2020). Pernyataan resmi oleh Jubir Gugus tugas Bidang Kesehatan Percepatan Penanganan Covid-19 Kab Inhil disampaikan melalui dr. Aleksis Sp.P
yang menginformasikan bahwa hasil uji Swab tenggorokan pasien PDP yang telah meninggal dunia, A (64 th) dinyatakan positif Covid-19.

"Pasien PDP yang meningal dunia pada 9 April 2020 yang lalu berinisial A (64 tahun), sempat menjalani perawatan di RSUD Puri Husada selama 3 hari sebelum akhirnya meninggal dunia." Ujarnya.

Menjawab pertanyaan wartawan, Aleksis menyatakan tim gugus tugas covid-19 Inhil telah melakukan tindakan isolasi terbatas terhadap seluruh keluarga korban.

“Tindakan antisipasi sudah kita lakukan sejak korban meninggal dunia, 9 hari lalu.” sebagaimana dikatakan Aleksis.

Aleksis juga belum bisa memastikan apakah telah terjadi transmisi lokal di Indragiri Hilir, mengingat riwayat almarhum yang tidak melakukan perjalanan luar negeri atau luar kota.

“Kita belum bisa memastikan apakah pasien tertular secara lokal atau tidak, masih perlu penelusuran lebih jauh untuk memastikan hal ini.” Tuturnya.

Selain itu dr Aleksis juga menyampaikan pasien PDP berinisial M (54 tahun) seorang perempuan yang meninggal dunia dan dimakamkan hari ini (17/4/2020).

“Pasien PDP yang meninggal dunia hari ini seorang wanita berinisal M (54 tahun), telah dilakukan berbagai upaya, uji spesimen tenggorokan juga telah dikirim ke Jakarta,” ujar Aleksis.

Aleksis juga menyatakan bahwa Inhil belum bisa dinyatakan zona merah, karena masih butuh analisis yang cermat.

Tak lupa Aleksis menghimbau agar masyarakat mematuhi instruksi pemerintah, selalu mencuci tangan, menggunakan masker, dan menerapkan physical distancing.

Hingga Jumat 17 April 2020, jumlah sebaran covid-19 di Inhil terlampir sebanyak 6.284 warga berstatus ODP dan 8 orang warga berstatus PDP serta 1 orang berstatus positif Covid-19.