Karena Corona, Universitas di Jepang Wisuda Pakai Robot

Jumat, 03 April 2020

Prosesi Wisuda di Universitas BTS,

MarwahRakyat.com--Dikarenakan wabah virus corona, sejumlah universitas di dunia harus membatalkan acara wisuda. Namun berbeda halnya dengan yang dilakukan oleh sebuah universitas di Jepang.


Memanfaatkan teknologi yang maju, kampus tersebut menggelar acara wisuda secara online. Uniknya, para mahasiswa diwakili oleh robot-robot yang didandani dengan toga ala wisudawan. Wisuda online itu diadakan oleh Bussiness Breakthrough University Jepang.

Diketahui wisuda itu digelar pada hari Sabtu (28/03/20) lalu di Hotel Grand Palace, Chiyoda-ku, Tokyo, sebagaimana di lansir dari laman Robostat Info. Dari pengakuan seorang wisudawan, menjalani wisuda online tak pernah terpikirkan selama berkuliah di BBT.

Seluruh murid Universitas BBT dari berbagai negara juga turut serta dalam upacara kelulusan daring. Mereka menyaksikan seluruh proses melalui layanan panggilan video Zoom.

Salah satu wisudawan berkata, "Ketika saya menjadi mahasiswa di BBT, saya tak pernah berpikir akan mengoperasikan avatar saya dalam upacara wisuda. Ini adalah pengalaman baru."

Avatar komunikasi dan robot 'Newme' dirancang dan dikembangkan oleh ANA Holdings, bekerja sama dengan Universitas BBT.

Dekan Administrasi Bisnis Global BBT, Shugo Yanaka sebagai perencana acara itu menyampaikan, pengenalan avatar itu pada akhirnya bisa mewujudkan wisuda daring di lingkungan kampusnya.

Robostat Info/hdr