KAMMI Inhil Gelar Diskusi Publik: Optimalkan Peran Mahasiswa Kita!

Rabu, 06 Desember 2023

Marwahrakyat.com -- Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia(KAMMI) Indragiri Hilir mengadakan diskusi publik dengan tema "Peran Mahasiswa Dalam Kepemimpinan di Indragiri Hilir", Ahad (03/12/23).

Diskusi publik ini diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada para mahasiswa di perguruan tinggi Se-Indragiri Hilir khususnya yang berada di Kota Tembilahan agar bisa mengemban tanggung jawab sebagai mahasiswa yang memiliki predikat akdemik yang baik dan dan memiliki jiwa kepemimpinan  yang akan memberikan kontribusi kebaikan kepada masyarakat nantinya, khususnya di Indragiri Hilir iru sendiri. 


Peningkatan  pengembangan jiwa kepemimpinan mahasiswa itu bisa multidisipliner. Artinya, dalam upaya pengembangan masyarakat tidak cukup melalui pendidikan di kampus saja. Kita dapat beraktivitas di organisasi karena relasi, pengalaman dan ilmu serta wawasan jauh bisa banyak diterima ”, jelas Perwakilan dari Ketua KNPI Indragiri Hilir, yang kali ini diwakilkan oleh ketua hariannya Saudara Sataril Gafar, dalam sambutannya sekaligus membuka acara. Agenda ini turut dihadiri dari beberapa organisasi mahasiswa seperti KNPI Indragiri Hilir, HIMA-Persis Indragiri Hilir, dan BEM STIKES HUSADA GEMILANG.

Pada sambutan Ketua KAMMI Indragiri Hilir, Resty Juliana, SE menyampaikan “Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) hadir di Indragiri Hilir sejak ta tergolong masih baru jika dibandingkan dengan Organisasi Eksternal Kampus lainnya seperti HMI, PMII, IMM dan HIMAPERSIS yang sudah lebih dulu membersamai mahasiswa di Indragiri Hilir. Kendati demikian, KAMMI akan tetap berusaha mengembangkan diri bersama berkolaborasi dalam menciptakan generasi muda yang lebih baik di Indragiri Hilir. Mohon dukungan serta doa dari teman-teman sekalian agar kita bisa terus menyelenggarakan agenda-agenda bersama kedepannya untuk menambah wawasan dan mengasah intelektualitas mahasiswa Indragiri Hilir pada umumnya, terkhusus para kader KAMMI itu sendiri " ujarnya

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kantor Kelurahan Tembilahan Hulu, Kecamatan Tembilahan Hulu, Kabupaten Indragiri Hilir ini dinarasumberi oleh Ahmad Ependi selaku Kepala Desa Sungai Intan, dan Dr. Fitri Wahyuni, S.H., M.H. selaku Kaprodi Pascasarjana Universitas Islam Indragiri yang keduanya merupakan Alumni KAMMI.

Ahmad Ependi selaku narasumber menyampaikan memaparkan bahwa pentingnya teori dan praktik yang dimiliki mahasiswa.

Menurut beliau, mahasiswa perlu mengasah sebanyak-banyaknya ilmu dan pengalaman baik di kampus ataupun wadah organisasi.

Untuk meningkatkan kemampuannya ketika berhadapan langsung nanti dengan masyarakat. Ilmu tentang administrasi pemerintahan dan ilmu bermasyarakat menjadi beberapa hal penting yang perlu dikembangkan. 
Adapun Dr. Fitri Wahyuni, S.H., M.H., selaku pemateri berikutnya, menyampaikan terkait Tips untuk mahasiswa menjadi calon pemimpin yang terampil. Mahasiswa harus terlibat dalam organisasi, antusias dalam mengembangkan kemampuan-kemampuan seperti kemampuan berkomunikasi, memanajemen waktu dengan segala agendanya, bisa cakap mengambil inisiatif juga keputusan, dan mahasiswa harus belajar dengan yang ahlinya.