Setahun Berdiri, Ayse Brand Fokus Kembangkan Literasi Digital di Riau

Selasa, 28 November 2023

Marwahrakyat.com., PEKANBARU-Rendahnya indeks literasi digital di Provinsi Riau mendorong penggiat literasi Nafiah al-Marab menggagas sebuah lembaga literasi digital Ayse Brand pada tahun 2022 lalu. Bersama rekannya Kavita Siregar yang tercatat sebagai mahasiswa pascasarjana di Universitas Negeri Surabaya  (UNESA), Nafiah menggerakan berbagai kegiatan pelatihan dan edukasi literasi digital.

"Alhamdulillah dalam setahun ini kita sudah menaja 8 kali webinar gratis, 5 kali live Instagram, 9 kali pelatihan online, dan 3 kali pelatihan tatap muka di Pekanbaru, Bangkinang, dan Tembilahan". Jelas Nafiah.

Beragam program edukasi dan pelatihan dilakukan oleh Ayse Brand kepada masyarakat. Program-program tersebut umumnya adalah terkait literasi digital.

"Kita sudah melakukan banyak kelas edukasi dan pelatihan. Mulai dari blogging, copywriting, content writer, penulisan cerpen menggunakan tools kecerdasan buatan, kelas pelatihan kecerdasan buatan untuk pembelajaran dan pendidikan, fotografi, komunikasi digital, sampai videografi". Terang Kavita.

Ayse Brand membuka ruang kolaborasi dengan banyak pihak. Hal tersebut dilakukan karena memang kerja-kerja membangun literasi tidak bisa sendirian, membutuhkan strategi dan gerak bersama. 

"Ya, kita membuka ruang kolaborasi dengan siapapun. Tumbuh dan berkembang bersama itu tujuan kami. Membangun branding smart, sehat, dan bermanfaat. Begitu cita-cita kita di Ayse Brand". Jelas Nafiah yang merupakan mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi tersebut.

Tergabung juga dalam Ayse Brand guru berprestasi nasional Bambang Kariyawan asal Pekanbaru, Nenny Litania selaku penggiat literasi di Kampar, Risah Azzahra selaku pendidik di Pekanbaru, Mulyati Umar, Pamula Trisna Suri, Tengku Makhtum, dan lainnya. (Naf)