Herman Pj Bupati Inhil, Kamis Pelantikan di Pekanbaru

Selasa, 21 November 2023

Pelantikan Penjabat (Pj) Bupati Indragiri Hilir (Inhil) dijadwalkan pada Kamis (23/11/2023) di Gedung Daerah Riau, jalan Diponegoro, Pekanbaru.

Pekanbaru, Marwahrakyat.com - Pelantikan Pj Bupati Inhil menyusul Akhir Masa Jabatan (AMJ) Bupati dan Wakil Bupati Inhil, HM Wardan dan Syamsuddin Uti berakhir pada 22 November 2023.

"Pelantikan Pj Bupati Inhil direncanakan hari Kamis tanggal 22 November di Gedung Daerah Riau, Pekanbaru," kata Plh Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdaprov Riau, Elly Wardhani melalui Kepala Bagian Otonomi Daerah, Tri Jumarsa Jalil, Senin (20/11/2023).  

Tri Jumarsa Jalil mengatakan, pelantikan Pj Bupati Inhil nanti langsung dipimpin oleh Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau (Gubri), Edy Natar Nasution.  

"Nanti pak Gubernur langsung yang melantik, dan dihadiri Forkopimda Riau dan Kabupaten Inhil serta tamu undangan terkait lainnya," sebut pria yang akrab disapa Yoyo ini.

Yoyo menyampaikan, saat ini Surat Keputusan (SK) Penunjukan Pj Bupati Inhil tengah dijemput di Jakarta. Dijadwalkan pada, Selasa (21/11/2023) pihaknya akan melakukan rapat persiapan pelantikan.  

"Besok atau Rabu kita akan rapat persiapan pelantikan Pj Bupati Inhil, karena hari Kamis pelantikannya," cetusnya.  

Disinggung siapa Pj Bupati Inhil yang ditunjuk pemerintah pusat, Yoyo enggan menyampaikan, karena SK-nya masih dijemput.

"Kalau itu nanti jika SK sudah ditangan kita. Nanti pimpinan saja yang menyampaikan siapa Pj Bupati Inhil," tukasnya.  

Untuk diketahui, sebelumnya Gubernur Riau Syamsuar mengusulkan tiga nama pejabat eselon II Pemprov Riau untuk menjadi Pj Bupati Inhil, tiga nama itu yakni Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Riau Herman, Kepala DPM-PTSP Riau Helmi D, dan Kepala Dinas Kesehatan Riau Zainal Arifin.

Sedangkan DPRD Inhil juga mengusulkan tiga nama calon Pj Bupati Inhil, diantaranya Sekdakab Inhil Afrizal, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Riau Herman, serta Kepala Dinas Pariwisata Riau Roni Rakhmat.  

Informasi yang dihimpun, dari nama-nama usulan Pj Bupati Inhil baik dari Gubernur Riau maupun DPRD Inhil, belakang dari enam calon sudah mengerucut tiga nama, yakni Herman, Helmi D dan Roni Rachmat.

Namun dari tiga nama tersebut, hanya satu nama yang diusulkan Tim Penilai Akhir (TPA) untuk ditunjuk sebagai Pj Bupati Inhil. Satu nama itu berdasarkan informasi yang diterima dari sumber terpercaya adalah Herman (Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Riau). Herman merupakan putra asli kelahiran Inhil.