Setiyati Dorong Pembelajaran Al-Quran untuk Lansia

Selasa, 21 November 2023

Marwahrakyat.com., SELATPANJANG- Belajar Al-Quran tak kenal usia, termasuk para lansia yang ingin belajar tetap harus didorong dan mendapatkan bantuan. Hal tersebut yang menjadi salah satu perjuangan tokoh perempuan Kepulauan Meranti, Setiyati. Pada Ahad 19 nov 2023, Setiyati mengunjungi Rumah Iqro Emak-Emak Raudhatul Husna, di Desa Banglas, Kecamatan Tebing Tinggi, Selatpanjang, Kepulauan Meranti.

Pemilik Rumah Iqro, Farida, menyambut baik kunjungan dan motivasi tersebut. Seperti diketahui, rumah tersebut membuka pembelajaran mengaji, belajar salat,  dan wudhu untuk lansia sejak tahun 2018.

"Saya sudah lama mendengar kegiatan ini, bagus ini sebagai terobosan belajar Al-Quran untuk kalangan lansia yang benar-benar belum mengenal huruf dan belum bisa salat," jelas Setiyati.

Perempuan yang juga mengelola sekolah alam Al-Quran tersebut berkomitmen untuk mendorong kegiatan pengelolaan Al-Quran yang ada di Rumah Iqro Emak-Emak Raudhatul Husna.

"Saya support dan mendorong kegiatan ini. Semoga ke depan ini bisa besar dan menjadi sekolah Al-Quran untuk lansia," tambah perempuan yang akrab dipanggil Bu Tia.

Rumah belajar Al-Quran lansia itu sendiri menjadi tempat yang kondusif bagi para perempuan berusia 45 sampai 65 tahun. Belajar dari 0 sampai ada yang sudah khatam Al-Quran.

Waktu belajar setiap hari di sebuah rumah sederhana. Waktu pembelajaran mulai siang pukul 13.00 sampai 17.00 WIB. Pengelola rumah tersebut Ibu Farida secara suka rela mengelola kegiatan tersebut tanpa bayaran.

Dalam kesempatan tersebut, selain bersilaturrahim, Setiyati juga memberikan waqaf peralatan salat bagi para lansia. (Naf)