Dorong Pemberdayaan Perempuan di Meranti, Setiyati Sambangi IWMR

Selasa, 14 November 2023

Marwahrakyat.com (SELATPANJANG-RIAU) Pemberdayaan dan ketahanan keluarga dimulai dari perempuan. Keluarga yang berdaya dan memiliki ketahanan dalam berbagai aspek sangat didukung bagaimana peran dan posisi perempuan itu di sebuah keluarga. 

Hal ini ditegaskan oleh tokoh perempuan Kepulauan Meranti, Setiyati dalam acara khususnya bersama Ikatan Wanita Minang Riau (IWMR) di Kepulauan Meranti pada Ahad, 12 November 2023 lalu. 

"Pendek kata beres rumah beres pula negara, sejahtera keluarga sejahtera pula bangsa dimulai dari rumah" ungkapnya ibu dari lima orang anak tersebut. 

Acara tasyakuran satu tahun Ikatan Wanita Minang Riau (IWMR) Kabupaten Kepulauan Meranti tersebut membincangkan tentang hal-hal penting terkait bagaimana peran keterlibatan perempuan di keluarga dan masyarakat. 

Bu Tia, sapaan akrab istri Ustadz Abdul Rauf tersebut menjelaskan bahwa ia secara pribadi sangat prihatin dengan masalah-masalah perempuan di daerahnya yang mencakup aspek agama, ekonomi, pendidikan, dan kehidupan sosial lainnya. 

Karena itulah, ia selalu memiliki jadwal keliling ke daerah-daerah di Kepulauan Meranti dalam rangka membangun pemberdayaan dan gerakan perempuan yang lebih positif dalam berbagai aspek. 

"Ya, kita biasa ke daerah-daerah seperti Tanjung Samak, Gayung Kiri, dan daerah-daerah seberang lainnya. Lumayan jauh dengan medan perjalanan yang cukup sulit. Tapi kita meyakini ini untuk kebaikan perempuan di Meranti, InsyaAllah," jelas perempuan yang punya resep khas masakan ikan lomek Meranti ini. 

Menuju ke lokasi-lokasi tersebut, perempuan yang mengelola Rumah Curhat di Kota Selatpanjang tersebut harus menghabiskan waktu berjam-jam menempuh jalanan sempit, rusak, dan jauh. 

"Ini pekerjaan sosial. Kita berharap imbas kebaikannnya untuk masyarakat dan Allah memudahkan gerak kita untuk membantu banyak orang", tandas Bu Tia. 

Atas dedikasinya yang memberikan pelayanan kepada masyarakat secara sosial dan gratis tersebut, ia diminta oleh masyarakat untuk maju sebagai Calon Anggota Legislatif pada Pemilu 2024 mendatang.  

Ia mewakili kalangan perempuan sebagai Caleg Provinsi Dapil lima untuk daerah Dumai, Bengkalis dan Meranti, dengan perahu politiknya partai nomor urut  delapan yakni Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Ia mendapatkan amanah di nomor urut tiga. (Naf)