Anya Syafitri, Siswi SMA N 2 Rambah Hilir, Siap Mewakili Riau di Final Festival Seni Siswa Nasional Cabang Puisi

Jumat, 18 Agustus 2023

Marwahrakyat.com, Rohul -- Kabar prestasi datang dari siswi SMA N 2 Rambah Hilir, Kabupaten Rokan Hulu. Atas nama Anya Syafitri, berhasil lolos menjadi Finalis 10 besar dalam ajang FLS2N (Festival Lomba Seni Siswa Nasional) cabang lomba Baca Puisi yang ditaja oleh Puspresnas (Pusat Prestasi Nasional) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Untuk mencapai prestasi ini, sebelumnya Anya telah melewati seleksi FLS2N tingkat kabupaten dan provinsi. Pada awal Juni lalu, Anya Syafitri mengikuti seleksi FLS2N tingkat kabupaten Rokan Hulu dan meraih juara 1 untuk cabang baca puisi. Kemudian, lanjut bertanding ke tingkat provinsi dan berhasil meraih juara 1 kembali pada cabang yang sama mengalahkan  peserta dari 11 kabupaten lainnya di Provinsi Riau.

Tidak hanya sampai di situ, selanjutnya kemudian Anya Syafitri mengikuti pembekalan dari Dinas Pendidikan Provinsi Riau untuk mengikuti seleksi semifinal FLS2N tingkat nasional dan bertanding dengan peserta dari 38 provinsi di Indonesia secara daring. Setelah melewati proses seleksi yang ketat, akhirnya ia terpilih menjadi finalis 10 besar dan akan bertanding kembali secara luring untuk babak final di Jakarta pada 21-26 Agustus nanti.

“ Kami sangat bersyukur karena tentunya ini suatu prestasi yang membanggakan bagi SMA N 2 Rambah Hilir. Semoga ini menjadi dorongan dan semangat bagi SMA N 2 Rambah Hilir untuk lebih giat berprestasi lagi di tingkat nasional”,ujar Otto Muzikarno, M.Si selaku Kepala SMA N 2 Rambah Hilir.

Otto Muzikarno, M.Si selaku Kepala SMA N 2 Rambah Hilir juga mengatakan bahwa prestasi ini tentunya tidak terlepas dari kerjasama antara siswa bersangkutan, guru pembimbing dan dukungan seluruh warga SMA N 2 Rambah Hilir.

Di sisi lain, Tengku Novenia Yahya, S.Pd selaku guru pembimbing sekaligus pelatih juga menyampaikan bahwa Anya Syafitri selaku anak didiknya memang memiliki memiliki bakat  di bidang baca puisi.

“ Secara potensi, Anya sudah punya bakat dan kemampuan di bidang baca puisi. Jadi lebih mudah untuk mengarahkan dan membimbingnya. Untuk di SMA, bakatnya ini sudah diasah sejak ia masih duduk di kelas 10. Sehingga apa yang diperolehnya saat ini adalah buah dari proses latihan yang panjang,” tambah oleh Tengku Novenia.

Kepala SMA N 2 Rambah Hilir berharap Anya Syafitri dapat memberikan yang terbaik di babak final. Keberhasilannya diharapkan tidak hanya sebagai kebanggaan pribadi, tetapi juga sebagai prestasi yang mempersembahkan nama baik Riau, Kabupaten Rokan Hulu, dan tentunya SMA N 2 Rambah Hilir.