Wabup SU Hadiri Rakor JKN Se-Provinsi Riau

Selasa, 01 Agustus 2023

Pekanbaru, Marwahrakyat.com - Wakil Bupati Kabupaten Indragiri Hilir H.Syamsuddin Uti mengikuti Rapat Koordinasi (Rakoor) program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Kabupaten/Kota Se-Provinsi Riau TH 2023, Senin (31/7/2023) di Ruang Kampar SKA CO-Ex Swiss Bel Inn Hotel.

Mewakili Gubri, Asisten I Bidang Pemerintahan Dan Kesejahteraan Rakyat Drs. Masrul Kasmy, M.Si membuka acara Rapat Koordinasi Program Jaminan Kesehatan Nasional Kabupaten/Kota se Provinsi Riau Tahun 2023.

Untuk diketahui, secara keseluruhan dari 12 Kabupaten Kota di Provinsi Riau pada TH 2023 ini sudah 7 Kabupaten Kota Universal Health Coverage (UHC).

Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) adalah salah satu bentuk perlindungan sosial di bidang kesehatan untuk menjamin pemenuhan kebutuhan dasar kesehatan yang layak melalui penerapan sistem kendali biaya dan kendali mutu, dan diselenggarakan berdasarkan prinsip asuransi sosial dan ekuitas (persamaan) bagi seluruh penduduk di wilayah Republik Indonesia. 
Tujuan JKN agar Masyarakat dapat memperoleh pelayanan Kesehatan yang berkualitas tanpa menemui hambatan finansial yang berarti.
Pada kesempatan tersebut juga dilakukan sosialisasi data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) dan data peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) dari Kemenkes RI.

Usai mengikuti Rakoor Wabup H.Syamsuddin Uti berharap dengan pelaksanaan Rakoor ini pelayanan kesehatan akan semakin mudah didapatkan masyarakat Kabupaten Inhil, juga adanya peningkatan pelayanan dan mutu penyediaan layanan Kesehatan semakin baik.
Dimana pada kesempatan tersebut Wabup H.Syamsuddin Uti didampingi Kepala Bappeda, Kadis Sosial, Kadis PMD, Kadis Kesehatan dan Kadisdukcapil serta beberapa pejabat Eselon dilingkungan Pemkab Inhil.