Perdana! Masjid Al-Hasanah Sei Beringin Peringati Nuzulul Quran dan Bukber: Jadikan Masjid Pusat Kegiatan Umat

Jumat, 07 April 2023

Marwahrakyat.com, TEMBILAHAN - Masjid Al Hasanah Kelurahan Sungai Beringin Kecamatan Tembilahan memperingati Nuzulul Quran 1444 Hijriah/2023 Masehi dengan menyuarakan pererat ukhuwah muslim di Indragiri Hilir serta menjadikan Masjid pusat kegiatan umat.

Ketua Masjid Al Hasanah Kelurahan Sungai Beringin Kecamatan Tembilahan Achmad Mulyadi SKM MSI dalam sambutannya mengatakan jika peringatan Nuzulul Quran ini sebagai bentuk ladang berburu pahala pada Bulan Suci Ramadan.

“Jadi kami peringati hari Nuzulul Quran dengan tujuan kita bersama-sama berburu mendapatkan pahala di Bulan Suci Ramadan,” kata Achmad Mulyadi, Jumat 7 April 2023.

Ditambahkannya bahwa Nuzulul Quran sendiri merupakan suatu peristiwa turunnya Al-Quran kepada Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam (SAW) yang terjadi pada malam ke-17 di bulan Ramadhan.

Peringatan Nuzulul Quran tersebut, kata Mulyadi, digelar dengan cara pembacaan zikir dan tahlil serta tausyiah agama dan santunan anak yatim dengan diikuti ratusan jamaah masjid dan undangan lainnya.

“Ini perdana kita gelar kegiatan Nuzulul Quran di Masjid Al Hasanah, kita harapkan Masjid Al Hasanah dapat jadi percontohan masjid pusat kegiatan umat di Kabupaten Inhil,” tambah Achmad Mulyadi yang juga Wakil Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Inhil tersebut.

Menurutnya, peringatan Nuzulul Quran merupakan momentum untuk mempererat Ukhuwah Islamiyah antara sesama umat Muslim khususnya di Tembilahan ini akan terus dipertahankan.

“Acara ini terbuka untuk seluruh jamaah masjid, siapa saja yang mau ikut dipersilakan. Kedepannya Insya Allah akan kami laksanakan secara rutin,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Indragiri Hilir Ust. Syaiful Anwar, S.Ag.,M.Pdi yang pada kesempatan tersebut diberikan amanah untuk menyampaikan tausyiah menjelaskan pentingnya berlaku jujur dalam menggapai ridho Allah SWT.

"Surga itu mahal tidak bisa kita merebut dengan cara biasa saja, salah satu aspek untuk meraih surga Allah yaitu dengan menanamkan sifat kejujuran dalam setiap aktifitas di dunia ini, hindarkan diri dari sifat-sifat tercela," jelas Ketua DMI Inhil.

Juga dilaksanakan pembagian santunan anak yatim di Masjid Al Hasanah, Sei Beringin.

Hadir dalam kegiatan tersebut segenap pengurus DMI kabupaten dan kecamatan di Inhil, Pengurus dan Jamaah Masjid Al Hasanah, Ketua RT dan RW setempat serta Panglima Laskar Melayu Riau (LMR) bersama pengurus, Pengurus BKPRMI Inhil dan undangan lainnya.