Buya Muhammad Gazali Menolak Tegas Timnas Israel Ikut Piala Dunia U-20

Senin, 13 Maret 2023

Buya M Ghazali

 

Jakarta – Buya Muhammad Gazali (MG) dengan tegas menolak Timnas Israel ikut Piala Dunia U-20 di Indonesia. Diketahui Even olahraga tersebut akan digelar tanggal 20 Mei hingga 11 Juni 2023 mendatang. Mengapa MG menolak? Menurut MG alasannya sangat jelas, fundamental dan konstitusional.

“Bangsa Israel sampai saat ini terus-menerus melakukan penjajahan terhadap Bangsa Palestina. Sementara Negara Palestina termasuk salah satu negara yang pertama kali mengakui kemerdekaan Indonesia,” tegas Anggota DPD RI tersebut.

Maka tentu secara batiniah kita berhutang budi dan harus punya rasa empati yang kuat terhadap penderitaan Bangsa Palestina. Sejak tahun 1967 sampai sekarang tanah  mereka terus-menerus dirampas dan diokupasi,  penduduknya banyak yang dianiaya oleh penjajah Israel.

Hingga saat ini tragedi kemanusian berupa pembunuhan, pengebomam, dan pendudukan, terus-menerus dilakukan pasukan Israel terhadap warga Palestina yang lemah dan tidak senjata. Seringkali kita menyaksikan serdadu Israel dengan kejam menangkap, menyiksa bahkan membunuh kaum wanita, anak-anak kecil, dan para pemuda yang protes atas pengrusakan rumah-ruman dan lahan kebun mereka.

Menurut catatan PBB, penduduk Palestina yang tewas sepanjang 2008-2020 sebanyak 5.590 jiwa. Kemudian data tahun 2021 terungkap 77 anak Palestina jadi korban pembunuhan Bangsa Israel.

Bangsa Indonesia yang pernah mengalami masa penjajahan selama 350 tahun, tentu sangat faham betapa pilu dan menderitanya hidup di bawah cengkeraman penjajahan. Oleh karena itu secara konstitusional Negara kita menolak segala bentuk penjajahan….. sebagaimana tercantum di dalam pembukaan UUD 45 yang berbunyi  “… oleh karena itu segala bentuk penjajahan di muka bumi harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.”

Sikap tegas penolakan terhadap segala bentuk penjajahan ini harus dimanifestasikan dalam segala bentuk.  Selain melalui perjuangan politik di forum-forum internasional, juga dengan cara memboikot dan tidak memberi keleluasaan negara penjajah dalam berbagai even dan pergaulan dunia. Termasuk dalam even olahraga dan hubungan ekonomi.

“Dengan dasar itulah secara tegas saya menolak kehadiran Timnas Israel di Piala Dunia U-20 yang akan diselenggarakan di Indonesia”, ungkap Muhammad Gazali.