Bantuan PKH TAHAP 1 Cair! Camat Gaung Pantau Langsung Penyaluran

Selasa, 07 Maret 2023

Kuala Lahang, Marwahrakyat.com,- Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) tahap 1 tahun 2023 sudah cair. Camat Gaung, Yuliargo, ditemani Sekcam Gaung, Kasi Kesos Gaung, Polsek Gaung, dan Pendamping PKH Gaung langsung pantau penyaluran di agen BRILink Kuala Lahang. Selasa (7/3/2023).

Yuliargo langsung mendatangi 3 agen BRILink yang ada di Kuala Lahang yang merupakan tempat KPM PKH mengambil bantuan PKH. Tujuan Camat Gaung beserta unsur kecamatan Gaung serta Pendamping PKH Gaung ini mendatangi langsung agen dalam rangka memantau proses penyaluran bantuan PKH agar berjalan lancar, tepat waktu, sasaran, dan tepat guna. Sebagaimana yang diamanahkan Kementerian Sosial RI.

"Alhamdulillah, penyaluran PKH Tahap 1 tahun 2023 ini berjalan lancar. Bagi Ibu-ibu PKH yang mendapatkan bantuan, gunakan bantuan ini sesuai penggunaannya yang diatur Kementrian Sosial. Jangan gunakan yang tidak sesuai aturan." Harap Yuliargo

M. Nasiruddin, selaku Koordinator Kecamatan Pendamping PKH Gaung menyampaikan bahwa sebanyak 1.161 KPM PKH di Kecamatan Gaung telah menerima bantuan PKH tahap 1 tahun 2023. Pengambilan bantuan melalui bank Himbara, dalam hal ini Bank BRI melalui agen-agen BRILink di Kecamatan Gaung. 

"Di Kelurahan Kuala Lahang ada 2 agen. 1 agen di desa Lahang Baru. Di desa Belantaraya ada 2 agen. Di desa Simpang Gaung dan Semambu Kuning, masing-masing ada 1 agen. 1 agen lagi di desa Gembira. Untuk KPM PKH dipersilahkan mengambil bantuan di agen terdekat di desanya". Sampai Nasir.

"Untuk tahap 1 tahun 2023 ini sebanyak Rp. 691.825.000. atau enam ratus sembilan puluh satu juta delapan ratus dua puluh lima ribu rupiah, bantuan pusat melalui Kementerian Sosial Republik Indonesia mengucur di Kecamatan Gaung untuk Program Keluarga Harapan (PKH). Maka dana sebesar ini harus dipantau bersama agar penyalurannya betul-betul sampai dan diterima KPM PKH Kecamatan Gaung". Lanjut Nasir

Penyaluran PKH ini prosesnya Kementerian Sosial melalui bank Himbara langsung mentransfer ke rekening KPM PKH yang dipegang masing-masing KPM. KPM mencairkannya melalui agen BRILink. Tugas Pemerintah setempat dan Pendamping PKH memantau dan memonitoring penyalurannya agar KPM menerima bantuannya dan menggunakannya sesuai peraturan. Yaitu untuk kebutuhan ibu hamil, balita, anak sekolah, lansia, dan disabilitas.