Pembangunan Turap Tebing Sungai Indragiri Mangkrak, Ustadz Syahrul Aidi Minta Pengembang Ditegur Keras

Kamis, 02 Maret 2023

Indragiri Hulu, Marwahrakyat.com - Pembangun turap tebing Sungai Indragiri di Desa Danau Baru Kecamatan Rengat Barat Indragiri Hulu (Inhu) mangkrak. Proyek bersumber dari APBN ini yang dikerjakan CV Maju Jaya dengan nilai Rp3,8 miliar.

Proyek turap berasal dari aspirasi anggota DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Riau II Syahrul Aidi Maazat. Politisi PKS ini saat dikonfirmasi mengaku kecewa atas ketidakberesan pekerjaan oleh pihak ketiga tersebut. Pada hal menurutnya, proyek itu penting untuk mencegah terjadinya abrasi yang sekarang ini sudah banyak mengikis bibir sungai.

"Pihak ketiganya ini. Kontraktor seperti ini harus diblaklist," kata Syahrul Aidi, Rabu (1/3/3).

Syahrul mengaku belum mengetahui alasan pasti, mangkraknya pekerjaan tersebut. Namun, yang jelas ungkapnya lagi, pihak Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) yang bertanggung jawab mengawasi proyek pekerjaan turap sudah diberi teguran.

"Saya belum ketemu kontraktornya. Tapi saya sudah tegur kepala Balainya. Apa masalah pasti itu subjektif, mungkin soal cuaca atau juga karena keuangan. Tapi apa pun pekerjaan itu tidak tuntas," tegas Syahrul.

Syahrul juga meminta kepada pihak Balai, agar memberikan denda finalti atas pekerjaan turap yang mangkrak tersebut. Pembayaran pekerjaan juga dibayarkan tidak lebih dari nilai yang sudah dikerjakan.

"Harus ada denda, sesuai aturan. Jadi kontraktor tidak akan dibayarkan melebihi pekerjaan," pinta Syahrul.