Muhasabah: Petuah Sang Kiyai Untuk 2024 Kelak

Sabtu, 14 Januari 2023

Photo Disaat Kiyai Hasan Abdullah Sahal memberikan Pesan dan Nasehat

Marwahrakyat.com - Sabtu 14 Januari 2023, Negeri Seribu Parit. Kiriman Petuah Sang Kiyai Untuk 2024 Kelak.

Pada Multaqo Alumni Saudi se Asia Pasifik di Jakarta, saya berkesempatan makan siang semeja dengan Kyai Hasan Abdullah Sahal, pimpinan Pondok Gontor. Sosok Kyai sepuh yang terkenal dengan sikapnya yang tegas. Tentu ketegasan yang berbalut kebijaksanaan.

Bersama beberapa Alumni Madinah yang lain, kami menyantap Soto sambil bernostalgia bagaimana dulu saat kuliah. Tak mau menyia-nyiakan kesempatan emas ini, saya bertanya kepada Kyai Hasan soal 2024.

"Afwan Kyai, bagaimana seharusnya sikap kita pada 2024 menurut Kyai?"

"Antum mau pilih yang benar atau yang menang? Kalau pilih yang benar, belum tentu menang. Kalau pilih yang menang, belum tentu benar"

"Kalau bisa, pilih yang benar dan bakal menang Yai".

"Wah, berarti Antum nggak paham pertanyaan saya nih..."

"Mmmm..."

"Kalau saya mantab pilih yang benar. Karena hisabnya ringan nanti di Akherat. Kalau tidak menang, di dunia hanya kalah sebentar".

Kami pun terdiam. Meresapi sedalamnya petuah emas Kyai Hasan tadi. Membayangkan hisab yang berat nanti di akhirat bagi yang salah memilih jalan. Termasuk jalan politik.

Setelah bercerita tentang independensi pesantren dan mengecam tuduhan politik identitas, beliau menutup petuahnya tentang parameter kebenaran,

"Jangan ikuti orang benar, karena bisa jadi besok dia salah. Tapi ikutilah kebenaran, maka Antum akan tahu siapa orang yang benar!".

Kami pun mengangguk mengamini petuah Kyai Hasan tersebut, sambil lanjut menyantap Sambosa. Yang meski tak senikmat Sambosa Madinah, tapi cukup menjadi obat rindu yang menggundah.