Pele Legenda Sepakbola, Meninggal Dunia

Jumat, 30 Desember 2022

Pele dan Maradona (istimewa)

Marwahrakyat.com, Brazil -- Pemain terbaik dunia asal Brazil, yang juga legenda sepakbola dunia, Pele, meninggal dunia setelah menderita kanker usus besar sejak bulan Desember. Legenda berusia 82 tahun itu menghembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Albert Einstein, Sao Paulo, Brazil (29/12/22).

Sebelum meninggal dunia, Pele sudah menjalani perawatan kemoterapi, namun badannya tidak merespon perawatan yang ada. Setelah Pele meninggal dunia, banyak pesepakbola yang menyampaikan bela sungkawa.

Pele sendiri sebenarnya terkenal sebagai salah satu pemain terbaik dunia. Banyak yang sering membanding bandingkan dengan legenda Argentina, Diego Maradona, yang terkenal juga karena memiliki sentuhan bola yang menarik juga. Banyak teknik sepakbola dunia seperti Marseille Route  dan Elastico yang merupakan inspirasi dari gerakan yang Pele lakukan semasa hidup.

Selain terkenal karena skillnya, Pele sendiri memang bertabur prestasi. Pele tercatat meraih Piala Dunia atau Piala Jules Rimet sebanyak tiga kali yaitu di Swedia pada 1958, 1962 di Chilli dan 1970 di Meksiko. Rekor tiga piala dunianya ini sering membuatnya mendapat julukan pemain terbaik sepanjang masa dan di Brazil sendiri ia mendapat julukan sebagai O Rei atau sang raja.

Kepergian Pele ini disesali oleh pemain seperti Mezut Ozil dan Cristiano Ronaldo. Bagi banyak pemain, Pele adalah panutan. 

Seribu gol lebih yang ia cetak selalu terkenang sebagai salah satu rekor ajaib di sepakbola. Satu satunya penyesalan dalam karir gemilang Pele mungkin adalah karena ia tidak pernah bermain di Eropa dan hanya sempat mampir ke New York Cosmos yang merupakan klub pertama dan terakhirnya di luar negeri.