BKKBN Provinsi Harapkan Peran Saka Kencana dalam Pola Asuh Pendidikan dan Remaja

Kamis, 24 November 2022

Marwahrakyat.com, INHIL - BKKBN Provinsi Riau yang diwakili Ermawati, dalam penyampaiannya mengharapkan Peran Saka Kencana dalam Pola Asuh Pendidikan dan Remaja. (24/11).

Sebagaimana dijelaskan sebelum pelaksanaan kegiatan, Saka Kencana dibekali keterampilan dengan pendidikan dan pelatihan untuk mendapatkan kecakapan khusus (SKK) melalui Krida Saka Kencana agar mereka dapat memahami dan menghindari masalah-masalah kependudukan sedini mungkin serta dapat berbagi informasi kepada keluarga beserta lingkungannya.

Empat Krida  Saka Kencana adalah Krida Bina Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi (KB dan KR), Krida Bina Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KS dan PK), Krida Bina Advokasi dan Komunikasi Informasi Edukasi (Advokasi dan KIE) dan Krida Bina Peran Serta Masyarakat (PSM).

Saka Kencana diharapkan  turut serta menjadi pelaku dan membantu sosialisasi penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja melalui pemahaman tentang pendewasaan usia perkawinan sehingga mereka mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana, berkarir dalam pekerjaan secara terencana, serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi.

Proses penjenjangan Saka Kencana Krida Kependudukan dimulai dari Siaga, Penggalang, Penegak, Pandega..
Hal ini tertuang dalam Kepres Kwarnas Gerakan Pramuka No.082 Tahun 2017.

Hal tersebut disampaikan Ermawati perwakilan dari BKKBN Provinsi Riau secara jelas dan gamblang. 

Beliau juga mengatakan kegiatan ini bisa segera di Realisasikan agar Pola pendidikan dan Pola Asuh Anak Anak Remaja bisa Lebih maksimal sehingga Bullying yang sering terjadi di dunia Pendidikan bisa menurun.

"Semoga terealisasi," terangnya.