Kepala Dinas DP2KBP3A Sambut Baik Kerjasama Pelaksanaan Saka Kencana

Kamis, 24 November 2022

Marwahrakyat.com, INHIL - Kadis DP2KBP3A Bapak Arliansyah, dalam kegiatan ini diwakili oleh Kepala Bidang Pengendalian Penduduk Bapak Subowo. Kegiatan ini dihadiri Oleh BKKBN Prov Riau, Kwarda Riau, Kwarcab Inhil, Kwaran Tembilahan dan Tembilahan Hulu.

Beliau berharap Kakak Kakak Pramuka dilingkungan Kwarcab Inhil bisa bekerjasama menjalankan program yang kita rencanakan ini dengan baik dan sesuai dengan AD/ART Gerakan Pramuka.

Dikatakan beliau, "Satuan Karya Keluarga Berencana (Saka Kencana) yakni Suatu Upaya Pendidikan Kependudukan Kepada Anggota Pramuka, yang bertujuan dan manfaatnya yakni mewujudkan Pramuka Peduli Kependudukan,
Menyiapkan para pengelola Kwartir Pramuka agar dapat mengimplementasikan isu Program Pembangunan Keluarga, kependudukan dan KB ( Bangga Kencana ) dengan mengintegrasikan materi pendidikan dan meningkatnya pemahaman anggota pramuka tentang isu isu bangga kencana."

"Satuan Karya Kencana adalah wadah bagi anggota Pramuka penegak yang mempunyai minat untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam bidang kependudukan dan keluarga berencana."

 Dengan ketrampilan tersebut diharap mereka bisa menjadi pelaku dan kader dalam sosialisasi kependudukan dan KB sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat. 

Mereka diharapkan dapat menjadi perpanjangan tangan dari Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan Dan perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Indragiri Hilir dalam kegiatan mewujudkan Generasi Berencana.

Dijelaskan sebelum melaksanakan kegiatan, Saka Kencana dibekali keterampilan dengan pendidikan dan pelatihan untuk mendapatkan kecakapan khusus (SKK) melalui Krida Saka Kencana agar mereka dapat memahami dan menghindari masalah-masalah kependudukan sedini mungkin, pungkas beliau.