Peresmian TBM Sehati Kawasan Sehat Dompet Dhuafa Riau

Senin, 21 November 2022

Marwahrakyat.com, PEKANBARU - Senin, (21/11) Peresmian TBM Sehati Kawasan Sehat Dompet Dhuafa Riau sekaligus pemberian hadiah untuk pemenang lomba pada acara memeriahkan agenda peresmian. Peresmian dilaksanakan di Masjid Paripurna Al-Anshor RW 02, Kelurahan Industri Tenayan, Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru.

Peresmian tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Riau, Ibu Dra. Hj. Mimi Yuliani Nazir, Apt., MM., Kepala Balai Bahasa Provinsi Riau, Bapak Toha Machsum., S. Ag., M. Ag., Walikota Kota Pekanbaru diwakili oleh Bapak Drs. Mahyuddin Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan, Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Bapak Sabarudi, ST., Lurah Industri Tenayan, Bapak M. Setya Chandra Wijaya, SH., Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, Ketua LPM Kelurahan Industri Tenayan, RW, dan RT setempat.

Dalam kata sambutannya Bapak Lurah Industri Tenayan menyampaikan bahwa besar kontribusi Dompet Dhuafa Riau sejak dua tahun terakhir di Kelurahan Industri Tenayan. Dompet Dhuafa Riau menjadikan daerah Industri Tenayan sebagai Kawasan Sehat Dompet Dhuafa Riau, dengan selalu melakukan pengobatan gratis dan posbindu PTM sebulan sekali. Kemudian senam sehat, penyuluhan, dan pemeriksaan kehamilan dan nifas dua kali seminggu. 

Kemudian Hendi Mardika selaku Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Riau mengatakan bahwa Dompet Dhuafa Riau akan terus mengembangkan program di daerah Kawasan Sehat Dompet Dhuafa Riau, yang awalnya berbasis kesehatan, untuk kedepannya akan mengembangkan di bidang ekonomi juga. Tapi untuk saat ini di bidang pendidikan dan literasi terlebih dahulu, yaitu pembentukan TBM Sehati yang berbasis masjid. Insyallah, segala sesuatu bisa diawali dari masjid. Dompet Dhuafa Riau akan selalu siap bersinergi dengan pemerintah untuk menggiatkan gerakan literasi dan gerakan lainnya untuk kemaslahatan orang banyak.

"Pembentukan TBM Sehati ini sungguh inovasi yang luar biasa dari Dompet Dhuafa Riau untuk mendorong generasi muda cerdas secara pendidikan dan literasi. Saya sangat mendukung terobosan yang dilakukan oleh Dompet Dhuafa Riau. Jika bisa bangun juga TBM di masjid dekat rumah saya," canda Bapak Sabarudi, ST Ketua DPRD Kota Pekanbaru pada kata sambutannya. 

Ibu Dra. Hj. Mimi Yuliani Nazir, Apt., MM., menyampaikan pada kata sambutannya bahwa apa yang dilakukan oleh Dompet Dhuafa Riau membentuk TBM adalah meringankan kerja pemerintah untuk menumbuhkembangkan anak-anak dan masyarakat Indonesia, terkhususnya di Riau cinta akan buku. Indonesia kita ini masih rendah minat baca dan daya bacanya. Jadi terbangunnya TBM Sehati ini suatu hal yang positif dan harus disupport dan diapresiasi.

TBM Sehati Kawasan Sehat Dompet Dhuafa Riau diresmikan langsung oleh Dra. Hj. Mimi Yuliani Nazir, Apt., MM., didampingi oleh tamu undangan dengan pemotongan pita dan penarikan balon. Kemudian kegiatan dilanjutkan peninjauan ruangan TBM Sehati yang dibangun di sayap Masjid Al-Anshor dan diakhiri dengan 
bersama peserta undangan dan panitia pelaksana.