Menanam Melon, Petani Millenial Kab Kuantan Singingi Riau Siap Supply Kebutuhan Pasar Lokal

Selasa, 15 November 2022

Marwahrakyat.com, RIAU - SMKN 1 Logas Tanah Darat, Kab. Kuantan Singingi Riau dengan Jurusan Agribisnis Tanaman Pangan & Hortikultura (ATPH) saat ini sedang banyak melakukan praktikum kegiatan Budidaya Pertanian di Areal Kebun Unit Produksi sekolah. Sebagai bentuk implementasi ilmu yang telah di pelajari di ruang Kelas.

Dayat Sapta & Fydo Atmazi Juliansa salah satu siswa Jurusan ATPH SMKN 1 LTD Kab. Kuantan Singingi menyampaikan "Kami sangat senang dan bersemangat ketika sedang Praktek Budidaya Tanaman di lapangan. Selama ini kita hanya bisa menikmati sayuran dan buah-buahan yang sudah siap di konsumsi, hari ini kita diajarkan ilmu hingga praktek langsung dari awal pengolahan tanah hingga panen hasil bertani.

Ilmu dan pengalaman selama belajar di Jurusan ATPH SMKN 1 LTD ini akan menjadi modal besar bagi kami untuk sukses. Sepulang dari sekolah Kami juga mempraktekkan berkebun dengan memanfaatkan halaman pekarangan rumah untuk bercocok tanam. Alhamdulillah hasilnya bisa untuk konsumsi keluarga sendiri bahkan sesekali ada juga yang dijual ke warung dan pasar lokal saat hasil panen berlebih. Ujar Dayat & Fydo yang memiliki cita-cita menjadi pengusaha pertanian kelak ketika dewasa.

Asneri, SP salah satu guru Jurusan ATPH SMKN 1 LTD Kab. Kuantan Singingi mangatakan "Saat ini di Kebun Unit Produksi sekolah ada berbagai jenis tanaman yang sedang di Budidayakan, diantaranya tanaman Mentimun, Jagung Cabe, Kangkung, Melon, Singkong dan beberapa tanaman Hortikultura lainnya. Siswa tidak hanya diajarkan bagaimana cara bercocok tanam yang baik, setiap siswa juga harus mempunyai kompetensi untuk beragribisnis terhadap tanaman yang di tanamnya. Jika sudah menyangkut bisnis pertanian artinya Siswa juga dilatih membuat rancangan proposal budidaya, teknik pemasaran dilapangan hingga pengolahan hasil pertanian agar produk pertanian bisa dijual dengan nilai yang lebih dibandingkan petani konvensional.

Beberapa komoditi yang ditanam siswa saat ini akan kita persiapkan untuk mensupply kebutuhan pasar lokal. Inilah salah satu keunggulan Jurusan ATPH SMKN 1 LTD Kuantan Singingi, sambil belajar namun kita berupaya juga sebagai produsen produk pangan yang bisa dinikmati oleh masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi. Target kedepan kita akan supply hasil kebun siswa hingga ke pasar moderen yang ada di pusat kota.

Ditempat terpisah, Harry Indrawan sebagai Duta Petani Millenial dari Kementrian Pertanian Republik Indonesia Wilayah Pembangunan Provinsi Riau mengapresiasi sekolah-sekolah kejuruan yang selalu berkarya lebih dalam meningkatkan kompetensi siswanya untuk lebih terampil dilapangan dengan cara mempraktekkan ilmu budidaya yang sudah dipelajari dikelas. Belajar teori juga bisa dilakukan secara digital dengan memanfaatkan akses internet, namun untuk praktek harus langsung dikerjakan dilapangan. SMKN 1 LTD Kab. Kuantan Singingi merupakan salah satu SMK di Riau yang telah menjalin kerja sama dengan Petani Muda Riau di Pekanbaru dalam memfasilitasi siswa magang . Alumnus siswa magang ini merupakan salah satu bibit yang kedepan akan kita rekomendasikan menjadi Duta-duta Petani Millenial di Kabupatennya untuk jadi pelopor dan penggerak pertanian modern yang mandiri. Pelatihan & Pembinaan secara khusus menjadi salah satu program yang Kami lakukan agar bisa membantu pemerintah mewujudkan Riau yang mandiri pangan hingga swasembada pangan. Insyaallah semakin banyak generasi muda kita yang mau menjadi petani, pelan,pelan insyaallah geliat bisnis pertanian di Riau akan meningkat dan tentunya akan berdampak tingkat kesejahteraan masyarakat tani kita secara global. Aamiin