MDTA dan RA Hj Fatimah Ali Gelar Manasik Haji Cilik: Tingkatkan Motivasi dan Semangat Sejak Dini

Ahad, 06 November 2022

Yayasn Hj Fatimah Ali dan Guru

Marwahrakyat.com, Tembilahan - Labbaik Allahhumma labbaik, labbaika la syarika laka labbaik, Panggilan tersebut dilafazkan sekitar hampir seratus anak-anak usia dini yang tergabung dalam MDTA Hj Fatimah Ali dan Raudhatul Atfal (RA) Fatimah Ali di Parit 11 Kota Tembilahan Ahad (6/11/22), di Halaman Sekolah dan lingkungan MDTA dan RA Hj Fatimah Ali setempat.

Anak-anak itu sedang melaksanakan Manasik Haji Cilik yang diselenggarakan Ustadz, Guru dan tim MDTA dan Raudhatul Atfal Hj Fatimah Ali, Tembilahan. Mengangkat tema 'meningkatkan semangat Haji sejak dini.' 

Dengan mengenakan pakaian serba putih bagi perempuan, dan pakaian ihrom bagi anak laki-laki, anak-anak yang berusia sekitar 6 sampai 8 tahun itu begitu semangat mengikuti rangkaian acara Yayasan Hj Fatimah Ali.

Melangkah dengan tertib dan teratur, sambil dibimbing oleh ustadz dan ustadzah agar berjalan pawai menuju Ka'bah yang diletakkan terpisah. Serta ke tempat-tempat beribadah yang dibuat seolah di kota Makkah, seperti Soufa, Marwah, melaksanakan pelemparan jumroh hingga tawaf mengelilingi miniatur ka’bah tersebut.

Anak-anak juga diajarkan do’a-do’a yang harus dilakukan pada saat berhaji. Mengikuti ritual seperti layaknya orang besar melaksanakan rukun islam tersebut.

Ketua panitia Amirul Husin S.Pd.I mengatakan, kegiatan manasik merupakan pengenalan ibadah haji yang dilakukan sejak dini. Panitia sengaja membuat manasik haji semirip mungkin, agar kegiatan ini bisa membekas hingga anak dewasa. Harapannya kelak mereka menunaikan ibadah haji yang sesungguhnya. Ini penanaman budi yang luhur dan keimanan untuk anak.

“Begitu indahnya Islam, melihat anak-anak sejak usia dini ini melaksanakan pembelajaran langsung, bagaimana tatacara berhaji, hal ini adalah budi pekerti luhur  yang penting ditanamkan sejak kecil” ujarnya.

Kepala Sekolah RA, Yulia Erliza S.Pd, juga mengatakan, pelaksanaan manasik haji ini merupakan dana yang dikumpulkan dari orangtua siswa. Serta bantuan donatur sehingga acara bisa terlaksana dengan baik.

Ketua Yayasan, Muchsin SH. MH. menyampaikan dalam sambutannya, bahwa kegiatan Manasik Haji Cilik merupakan kegiatan rutin setiap tahun, yang diselenggarakan MDTA dan RA dari Yayasan Hj Fatimah Ali. Harapannya, kegiatan yang dilaksanakan bagi anak-anak di usia lima sampai delapan tahun ini berimbas kepada mereka dan orang tua mereka.

“Ini sarana ta’aruf kepada Allah. Mudah-mudahan dengan ikut melaksanakan Manasik Haji Cilik, orangtua yang ikut mendampingi anak juga turut terinspirasi." ujara Muchsin.

Acara manasik haji ini diikuti oleh 72 santri/siswa dari MDTA 26 siswa dan 46 dari  Raudhatul Atfal. Acara yang berlangsung sejak pagi hingga siang ini juga dihadiri oleh orangtua, wali murid, komite, pengawas sekolah dan tokoh masyarakat setempat.