SMPN 1 Tembilahan Menuju GUDEP Ramah Lingkungan

Rabu, 02 November 2022

SMPN 1 TEMBILAHAN MENUJU GUDEP RAMAH LINGKUNGAN

Tembilahan, Marwahrakyat.com - Gugus depan Ramah Lingkungan menjadi ujung tombak bagi pelaksanaan Gerakan Pramuka cinta lingkungan, karena memuat arahan untuk mendorong terjadinya perubahan perilaku bagi para peserta didik dan pembina/pamong dalam memperbaiki, menjaga, mengelola lingkungan hidup untuk keberlangsungan generasi sekarang dan mendatang.

Kesadaran  Lingkungan  merupakan tindakan  atau  sikap  yang  diarahkan  untuk memahami  tentang  pentingnya  lingkungan yang    sehat,    bersih,    dan    sebagainya. Kesadaran  dalam  lingkungan  hidup  dapat dilihat  dari  perilaku  dan  tindakan  seseorang dalam  keadaan  di mana  seseorang  merasa bebas  dari  tekanan. Usaha untuk  melakukan  tindakan  sadar  diperlukan sebagai     cara     pengelolaan     lingkungan dengan  cara  memelihara  atau  memperbaiki kualitas lingkungan agar kebutuhan manusia terpenuhi dengan baik.

Tujuan dari terbentuknya Gugus Depan (Gudep) adalah untuk membina dan mengembangkan sumber daya kaum muda melalui kepramukaan agar menjadi warga negara yang berkualitas, yang mampu memberikan sumbangan yang positif bagi kesejahteraan dan kedamaian masyarakat baik lokal, nasional, maupun internasional. Hal ini sejalan dengan tujuan dari Gerakan Pramuka yang terdapat pada Pasal 3, AD/ART Gerakan Pramuka hasil  Musyawarah Nasional Gerakan Pramuka 2018 (Nomor: 07/MUNAS/2018), dimana menyatakan bahwa Gerakan Pramuka bertujuan membentuk setiap pramuka:

a. Memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak muli, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, berkecakapan hidup, sehat jasmani, dan rohani.

b. Menjadi warga negara yang berjiwa Pancasila, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia serta menjadi masyarakat yang baik dan berguna, yang dapat membangun dirinya sendiri secara mandiri serta bersama-sama bertanggung jawab atas pembangunan bangsa dan negara, memiliki kepedulian terhadap sesama hidup dan alam lingkungan.

  

Gugus Depan merupakan satuan pendidikan dalam Gerakan Pramuka bagi anggota muda. Gugus Depan sebagai satuan pendidikan merupakan mitra dari pendidikan formal tempat berpangkal. Di dalam mencapai tujuan Gugus Depan maka diperlukan perencanaan yang strategis agar organisasi (Gudep) dapat berjalan secara efektif dan efisien. Salah satunya dengan menyiapkan:

1. Program ramah lingkungan digalakkan oleh beberapa sekolah di Indonesia saat ini. Program ramah lingkungan   bertujuan   untuk   menanamkan karakter pada setiap siswa agar selalu menjaga lingkungannya   dengan   perilaku ramah  lingkungan,  diharapkan  siswa tidak   hanya   menerapkannya   di   sekolah saja namun    juga    masyarakat    umum.

2. Aktifitas ramah lingkungan menjadi  bersih dan asri melalui pengajaran yang ada di dalam janji Pramuka yaitu " Tri Satya & Dasa Darma" di mana dalam isi Dasa Darma point 2 yaitu "cinta alam dan kasih sayang sesama manusia". 

 Alhamdulillah SMP Negeri 1 Tembilahan terpilih mewakili Inhil dalam Gudep ramah lingkungan.Kegiatan yang dilakukan oleh Gudep 02.017 - 02.018  meningkatkan sikap peduli lingkungan.