Tambahkan Pahala Anda, Disaat ada yang meninggal

Selasa, 25 Oktober 2022

Dokumentasi Ibnushadik

Marwahrakyat.com - Pondok Modern Darussalam Gontor Putri kampus 7 Rimbo Panjang Tambang Kampar Riau Selasa 25 Oktober 2022, Alangkah ni'matnya hidup ini, jika setiap langkah dan kegiatan, kita jadikan sumber pahala.

Salah satu yang bisa  kita jadikan sumber pahala bagi diri kita, dan juga pahala bagi orang lain adalah, jika ada yang MENINGGAL, maka:
- kita datang  ta'ziah ke Rumah Duka,
- sholat jenazah, 
- mengantarkan ke pemakaman dan mendoakannya.

Bagi yang BERHALANGAN datang ke Rumah Duka, mari kita jadikan TRADISI,  jika ada yang meninggal, terutama keluarga,  sahabat, teman dan ORANG yang kita kenal atau hormati, maka LAKUKANLAH SHOLAT GHOIB  berjamaah di Masjid atau dengan keluarga  di RUMAH masing masing untuk Almarhum/Almarhumah.

In Syaa Allah, kita akan mendapatkan  pahala sholat dan pahala doa untuk diri kita,  dan juga pahalanya akan dinikmati oleh almarhum/almarhumah.

Kenyataannya:
1. Rasulullah SAW bersabda:
"Sungguh, kuburan kuburan itu sangat gelap gulita bagi penghuninya.
Akan tetapi,  kuburan kuburan itu akan menjadi terang menderang oleh  sinar cahaya dari Sholatku (Sholat dan doanya para sahabat yang meninggal)".
(Hadis Sahih Riwayat Al-Imam Muslim no. 956).

2. Rasulullah SAW juga bersabda;
"Doa seseorang untuk Saudaranya,   tidak pernah ditolak, meski yang didoakan tidak tahu ia sedang didoakan".
(Hadis Sahihul Jaami' no. 3379).

Kesimpulannya:
1. Setiap ada keluarga, sahabat atau teman atau orang orang yang kita hormati meninggal, maka jangan lewatkan kesempatan emas ini untuk menambah pahala dengan datang ta'ziah ke rumah Duka.

2. Kalau tidak bisa datang, lakukanlah Sholat Ghoib di masjid atau di rumah masing masing untuk yang telah meninggal itu. In Syaa Allah ini semua akan menambah pahala kita.

3.Doakan yang terbaik, karena doa yang kita panjatkan untuk orang,  diaminkan oleh Para Malaikat agar kita juga mendapatkan dari doa yang kita panjatkan itu.

Semoga kita dianugerahi oleh Allah SWT keikhlasan dan kemudahan untuk saling peduli dan saling mendoakan.

Dan senantiasa pula Allah membimbing kita untuk selalu eling  mengingat Allah, bersyukur dan beribadah dengan sebaik baiknya pada Allah SWT.

Oleh:
Muhammad Ridha Shadik
- Ketua IKPM GONTOR Cabang Indragiri Hilir
- Kepala Sekolah Madrasah ibtidaiyah Ibnu Thaha
- Kwaran Tembilahan Hulu
- Guru Pondok Modern Al-Imtinan Putri
- Guru Pondok Tahfizh Hayatul Qur'an