FIAI Unisi Gelar Pengenalan Akademik Mahasiswa Baru 2022

Rabu, 07 September 2022

Tembilahan, Marwahrakyat.com--Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indragiri mengadakan kegiatan pengenalan akademik terhadap mahasiswa baru angkatan 2022. Pada Minggu 04 September 2022/8 Safar 1444 H Di Musholla Al-Muta’alimin Kampus Unisi Parit 1 Tembilahan Hulu.

Pada kegiatan ini Fakultas Ilmu Agama Islam bekerjasama dengan Pejuang Subuh Tembilahan dan Ldk Al-Muqtadir Unisi. Kegiatan pengenalan akademik ini diawali dengan sholat subuh berjama’ah kemudian dilanjutkan dengan membaca surah Al-Waqi’ah serta di isi dengan tausiah. Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan FIAI yaitu Bapak Dr. Ridhoul Wahidi S.Th.I.,MA. Dalam kata sambutannya beliau mengucapkan banyak terimakasih kepada Pejuang Subuh Tembilahan dan Ldk Al-Muqtadir Unisi karena mau bekerjasama dengan FIAI dalam kegiatan KPA tersebut. “Saya mengucapkan terimakasih atas ketersediaan kerjasamanya semoga musholla kita ini selalu ramai setiap subuhnya bukan hanya pada kegiatan ini namun seterusnya” ujar Dekan FIAI.

Pada tausiah yang di isi oleh mahasiswa Fiai yaitu Ustadz Syafrizal dalam tausiyah nya beliau mengatakan “perbanyaklah amalan-amalan diwaktu subuh salah satunya yaitu sedekah subuh”. Bersedekah diwaktu subuh akan membuat harta semakin bertambah. Dalam artian harta yang disedekahkan akan diganti berlipat-lipat oleh Allah Swt. Saat bersedekah hendaknya dengan niat yang ikhlas dan tulus agar amalannya diterima dengan baik. Beliau juga menyampaikan bahwasanya “Di dalam organisasi Ldk ada program sedekah subuh dimana para kader-kader Ldk selalu diingatkan untuk selalu melakukan sedekah subuh setiap harinya”. Alhamdulillah kegiatan itu masih berjalan hingga saat sekarang ini.

Kegiatan KPA FIAI tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena tahun ini KPA nya diawali dengan sholat subuh berjama’ah. Kegiatan ini sangat mendukung mahasiswa untuk selalu melakukan sholat subuh berjama’ah di masjid karena kebanyakan masjid-masjid itu diisi oleh orang tua, anak mudanya entah kemana. Padahal sama-sama kita ketahui bahwa sholat subuh berjam’ah lebih unggul dibandingkan sholat subuh sendirian. Sebagaimana Anas bin Malik meriwayatkan dari Rasulullah Saw.

Artinya : “Barang siapa yang sholat subuh berjama’ah kemudian dia duduk berdzikir kepada Allah hingga matahari terbit, lantas sholat dua raka’at maka baginya seperti pahala haji dan umroh. Rasulullah bersabda yang sempurna, sempurna, sempurna”. (HR. Tirmidzi). Dari sini kita dapat memahami bahwa sholat subuh berjama’ah memiliki sejumlah keistimewaan. Termasuk sunnah qabliyah subuh. Sebab dengan menjalankan sholat subuh berjama’ah akan senantiasa mendapatkan cahaya yang sempurna dan dijauhkan dari sifat nifaq.

Dr Ridho berpesan, "Semoga dengan adanya kegiatan seperti ini mampu membuat hati kita bergerak untuk selalu melakukan sholat subuh berjama’ah dan amalan-amalan lainnya untuk investasi kita diakhirat nanti." Pungkasnya.