Komunitas Emak Sehat Silaturahmi ke Dinkes Inhil

Selasa, 16 Agustus 2022

Tembilahan marwahrakyat.com - Komunitas Emak Sehat Kabupaten Indragiri Hilir melakukan silaturahmi ke Dinas Kesehatan Indragiri Hilir di Jalan M. Boya No.67, Tembilahan Kota. Selasa (16/8/2022) siang.

Adapun pertemuan dan silaturahmi tersebut membahas tentang kebutuhan masyarakat terkait kesehatan khususnya masyarakat kabupaten Inhil.

Ketua Komunitas Emak-emak Sehat Inhil, Yuliana Daud berkunjung dengan didampingi Wakil dan Sekretaris Komunitas Emak-emak sehat.

Dalam penyampaiannya ketua Komunitas Emak Sehat, Yuliana Daud menyebutkan ada beberapa item usulan program yang langsung disampaikan ke Kepala Dinas Kesehatan yang dianggap sangat penting untuk dilakukan.

"Pertemuan hari ini membahas penanganan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), mempertanyakan rumah singgah untuk masyarakat Inhil yang dirujuk ke Pekanbaru serta konsultasi tentang pengganti Jaminan Persalinan (JAMPERSAL), terakhir kami mengusulkan tentang surat rujukan yang bersifat online sehingga mempermudah masyarakat saat ingin berobat di RSUD," ujarnya.

Pertemuan tersebut juga tampak Komunitas Emak Sehat menawarkan MoU kepada Dinas Kesehatan yang menuangkan item yang dibahas di atas. Selain itu ada juga pembahasan tentang Sosialisasi Peraturan Daerah (PERDA) terkait kesehatan.

"Kita ingin ada MoU dengan Dinkes terkait pembahasan hari ini, termasuk juga kami siap membantu mensosialisasikan Perda yang terkait dengan kesehatan," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Inhil, Rahmi Indrasuri menyebutkan pihaknya menyambut baik kedatangan Komunitas Emak Sehat yang sudah menawarkan berbagai macam item program yang memang sangat membantu pekerjaan Dinas.

"Kami support selalu usulan ini dan kami siap bekerjasama dengan Komunitas Emak Sehat terkait dengan kesehatan masyarakat. Untuk rujukan online akan kami bahas bersama puskesmas yang ada di Inhil," imbuhnya.