Inovasi Sinema Gemilang Buka Peluang dan Potensi Nenas Madu Gemilang Desa Bayas Jaya Inhil

Selasa, 09 Agustus 2022

Dinas TPHP Inhil

Marwahrakyat.com, Inhil -- Bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengembangan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Qasim Pekanbaru, Dinas Tanaman pangan hortikultura dan peternakan telah megnusulkan pengajuan pelepasan Varietas Nenas Unggul Lokal Kabupaten Indragiri Hilir dengan nama Varietas Nenas Madu Gemilang. 

Pada Tahun 2019 usulan ini di terima oleh Kementrian pertanian RI dengan mengeluarkan Keputusan Menteri Pertanian Nomor : 111/Kpts/SR.120/d:.7/7/2019 tentang pemberian tanda daftar varietas tanaman hortikultura, yang memberikan tanda daftar nanas madu gemilang. 

Kepala Dinas Pangan,Tanaman pangan, hortikultura dan peternakan kabupaten Indragiri hilir Bapak H.Fajar Husin,SH.,MH mengatakan, upaya yang dilakukan oleh UIN Suska dan pemerintah daerah Kabupaten Indragiri hilir dalam mengajukan usulan pelepasan Varietas Nenas Madu Gemilang asal Desa Bayas Jaya ini penting untuk di tindak lanjuti dalam upaya pengembangan penangkaran bibit nenas madu dan memperkuat IKM dalam melakukan pengolahan hasil buah nenas menjadi produk unggul daerah.

Inovasi Nenas Madu Gemilang atau yang kami namakan Inovasi SINEMA GEMILANG merupakan sebuah langkah konkrit untuk memantapkan program pengembangan Buah Nenas Madu Gemilang khas Indragiri Hilir ini.

Nenas madu Gemilang yang kita miliki saat ini,sangat di minati masyarakat, bahkan di kenal dengan rasanya yang luar biasa manis dengan kadai air tinggi. 

Potensi pengembangannya juga sangat besar, mengingat Tanaman nenas ini sangat cocok di tanam di daerah tanah gambut. 

"Kalau petani kelapa yang ada di inhil ini bisa memanfaatkan lahan sela antar kelapanya dengan menanam nenas, tentunya akan menjadi nilai tambah untuk petani dalam meningkatkan pendapatan mereka. Apalagi ada IKM yang menampung hasil tanaman mereka untuk di olah menjadi produk olahan nenas." Pungkas beliau.