Kadis Fajar Husin MoU dengan Kementrian: Maksimalkan Potensi Pertanian

Selasa, 21 Juni 2022

Marwahrakyat.com, Tembilahan, 21 Juni 2021
Kepala Dinas Pangan,Tanaman pangan, hortikultura dan peternakan Kabupaten Indragiri Hilir H. Fajar Husin,SH.,MH melakukan penandatanganan MOU/ Kerjasama bersama Balai Pengembangan Teknologi Pertanian (BPTP) Kementrian Pertanian RI Wilayah Riau di pekanbaru pada tanggal 12 Juni 2022. 
Menurut keterangan Saudara Benny Murdhani,SP.,MMA selaku Kepala Sub Bagian Perencanaan dan Evaluasi Dinas PTPHP, Permasalahan masih rendahnya produksi padi di Kabupaten Indragiri hilir salah satunya adalah 
Karena masih rendahnya produktifitas tanaman padi lokal yang di tanam oleh petani. Potensi begitu besar yang ada di daerah kita, namun selama ini belum ada upaya yang konkrit bagaimana memanfaatkan potensi itu dengan maksimal, salah satunya adalah keberagaman varietas lokal khususnya padi. Dengan adanya kerjasama penelitian dan Pemurnian Benih Lokal ini, tentu akan meggali potensi besar dari keberagaman benih benih lokal kita, seperti benih padi karandukuh, lentik bamban, super madu, merah putih, karya dan varietas lokal lainnya.
Kerjasama dengan pihak BPTP ini juga di harapkan akan memberikan manfaat besar kepada petani kita kedepannya, karena dengan di murnikannya varietas padi lokal, akan mampu meningkatkan produktifitas tanaman nantinya dan tentu akan meningkatkan produksi padi petani inhil dan akan berimas pada peningkatan pendapatan petani.
Pemurnian Benih Lokal juga di jelaskan Bapak Benny Murdhani,SP.,MMA akan menjadi salah satu inovasi dari Dinas Pangan,Tanaman Pangan,Hortikultura dan Peternakan dalam upaya Meningkatkan Produksi Padi di Indragiri Hilir. Dengan Inovasi yang di sebutnya PEMBELOK PADI (Pemurnian Benih Lokal Padi) di harapkan kedepan Indragiri Hilir memiliki Varietas Benih Padi unggul yang menjadi Varietas Nasional yang terdaftar di Kementrian Pertanian RI.