Mengenal sekolah alam Lebih dekat bersama Sekolah alam tahfiz Quran.

Sabtu, 22 Januari 2022

Marwah.Rakyat.com--Sekolah alam adalah penyampaian pendidikan luar ruangan di mana siswa mengunjungi ruang alam untuk belajar keterampilan pribadi, sosial dan teknis 

Alam pada kata sekolah alam mempunyai dua makna.

Alam; dalam arti pengalaman
Alam; semesta alam, makhluk, dan segala sesuatu yang diciptakan Allah swt
Baik alam sebagai makhluk dan alam sebagai ilmu dan pengalaman berasal dari akar kata yang sama. Sekolah alam percaya bahwa alam dan pengalaman adalah guru terbaik.

Alam dalam arti pengalaman Sunting
Pendekatan yang dominan digunakan dalam konsep sekolah alam adalah siswa diajak untuk melalui serangkaian kegiatan (pengamalan dan pengalaman), setelah itu distrukturkan. Hal ini berbeda dengan umumnya pendidikan di Indonesia, di mana siswa mempelajari buku pelajaran dulu, baru kemudian diamalkan.

Maka, pendidikan yang totalitas (total education) menurut sekolah alam akan mampu membawa siswa dalam tahap berikut:

Tambah pengalaman, tambah pengetahuan (ranah IQ)
Tambah pengalaman, tambah tangkas (ranah PQ, physical/power quotient)
Tambah pengalaman, tambah bijak (ranah EI, emotional intelligence)
Tambah pengalaman, tambah iman (ranah SI, spiritual intelligence)
Alam dalam arti semesta alam Sunting
Alam semesta memiliki hukum dan konsep tersendiri yang tunduk di bawah kendali-Nya. Misalnya fenomena gravitasi, yang berarti setiap benda yang jatuh pasti menuju ke arah pusat bumi tempat magnet raksasa tersimpan. Sinar matahari yang sesuai dengan kebutuhan semua makhluk hidup. Daur karbon, bitrogen, oksigen, dan air serta fuilditasnya yang bermanfaat bagi kehidupan. Siklus itu terbentuk di bawah kendali Sang Pencipta.

Alam mengajarkan kepada kita untuk menjadi pribadi-pribadi tangguh yang siap menjemput kesuksesan dan kemuliaan dalam hidup. Kejadian di alam memberikan contoh dan hikmah kepada kita bagaimana alam dapat mengilhami lahirnya ilmu pengetahuan. Namun tentu semua hanya dapat dimiliki oleh manusia yang mau berpikir dan belajar bersama alam.