Desa Sungai Intan Berstatus Kampung Berkualitas! Kader Posyandu Terima Pelatihan dari DP2KBP3A

Rabu, 01 Desember 2021

INHIL, Marwahrakyat.com - Desa Sungai Intan Kecamatan Tembilahan Hulu Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau merupakan salah satu desa berstatus sebagai kampung berkualitas (Kampung KB). 

Untuk wilayah Kabupaten indragiri Hilir Provinsi Riau, kader posyandunya diajak melaksanakan kegiatan pertemuan pokja dan Mekop (Mekanisme operasional lini lapangan) yang ditaja DP2KBP3A ( Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak ) di Desa Sungai Intan Kecamatan Tembilahan Hulu Inhil-Riau pada Selasa (30/11/2021) dilaksanakan di aula kantor Desa Sungai Intan. 

Kegiatan Pertemuan Pokja dan Mekop yang beragendakan pemberian materi evaluasi tentang pencatatan dan pelaporan Pokja kampung KB ( Kampung Berkualitas) ini dilangsungkan di ruang Aula Kantor Desa. 

Hadir Kepala Desa Ahmad Ependi,Babinsa Serda Suherman,Babinkamtibmas Briptu Ilham,Sekdes Jumiati,Ketua LPM Nurman,Ketua BPD Yanto,PKK,Ketua Kampung KB Sungai Intan,PPKB,BKL,BKR,Para Ketua Pokja Desa,Ketua Rumah Data,KPM Kesehatan dan 25/Seluruh Kader Posyandu Se-Desa Sungai Intan. 

Hadir dari DP2KBP3A Kabupaten Inhil, yakni Bidang dalduk (Pengendalian Penduduk), Kasi advokasi dan penggerakan ibu Marlena,S.Sos , dan penyuluh keluarga berencana. 

Kepala Desa Ahmad Ependi menyambut baik kegiatan penyuluhan dan pemberian materi tentang tata cara pencatatan pendataan dan pelaporan Kampung KB yang ditaja oleh DP2KBP3A Inhil ini,ia berharap dengan dibekalinya para kader didalam input data ini akan memudahkan Desa untuk memiliki data terpadu tentang profil Desa Sungai Intan,yang tersusun rapi dan valid.


"Saya menyambut baik kegiatan ini, diharapkan para peserta fokus dan cepat memahami, sehingga ini akan memudahkan kita memiliki data yang valid tentang profil desa,banyak hal yg bisa kita akses, misalnya tentang kesehatan,ibu hamil,anak dan balita serta profil lainnya," jelas Ahmad Ependi. 

Ia (Ahmad Ependi) melanjutkan, "Saya berharap DP2KBP3A Kabupaten Inhil terus melakukan pendampingan dan pelatihan serupa kedepannya,ini sangat baik sekali," tutupnya. 

Sementara itu pemateri dari BKKBN, Kamisah menjelaskan, pemberian materi tentang pencatatan yang baik dan benar tentang profil desa yang masuk dalam 8 Pokja ini, wajib dimiliki oleh tiap individu maupun team yang terkait, termasuk sampai pada ujung tombak terbawah,yakni para kader, pencatatan secara manual ini, merupakan awal yang penting,sebelum data masuk dan diinput dalam sistem profil Desa,yang nantinya akan dapat diakses secara digital website.


"Jadi nantinya, kedepan, kita akan lanjutkan dengan pendampingan dan pemberian materi tentang input kesistem Kampung Berkualitas DP2KBP3A,semua pihak cukup akses dari mana saja, misalnya mereka ingin tau tentang  profil sungai intan hari ini,cukup klik dan masuk website,maka akan muncul,mulai dari profil Desa,aktifitas warganya,baik bidang kesehatan,lingkungan, keekonomian masyarakat nya,dan lain-lain.tentu semua itu dimulai dari kecakapan para kader didalam menghimpun data dilapangan." 

"Nah untuk itulah kita hadir disini, memberikan materi pelatihan singkat," tutur Kamisah.