KPID Gelar Literasi Media di Kampus STAI, Wujudkan Penyiaran Sehat dan Adil

Jumat, 08 Oktober 2021

Kpid Riau

Kamis (07/10/2021)
INHIL,  MarwahRakyat.com-- Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID)  Riau menggelar kegiatan literasi media dengan tema 'Wujudkan Penyiaran Sehat, Adil dan Berkualitas' di Gedung Abdurrahman Siddiq, Sekolah Tinggi Agama Islam Auliaurrasyidin Tembilahan. Kegiatan dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. 

Kegiatan di hadiri oleh Korbid Penyiaran KPID, H Asil Darma M.Kom, Ketua STAI Syarifudin M.PdI, Anggota Komisioner sebagai Narsum yakni Wide dan Novri, serta narsum lokal Dosen STAI Hendro Lisa MM. 

Dalam sambutannya, Ketua STAI menyebut, "Literasi media merupakan kemampuan dan pengetahuan dan yang dimiliki seseorang agar dapat menggunakan media dengan benar dan optimal." Tutur Syarifudin. 

Asril Darma menyebut, "Tidak dapat dipungkiri bahwa di era sekarang banyak tayangan dan berita yang mudah di akses melalui  internet bahkan sulit membedakan mana yang nyata dan hoax, ujarnya. 

"Sebagai konsumen media, kita harus bisa memilih dan membedakan mana yang layak untuk di konsumsi, terutama dikalangan muda, bukan hanya itu kita juga harus bisa membatasi penggunaan media, dan kita harus selektif dalam menerima berita," terangnya dalam penjelasan mengenai Lembaga KPID Riau. 

Hendro Lisa selaku narsum yang juga dosen STAI Auliurrasyidin menyampaikan pentingnya kecakapan mahasiswa dalam menghadapi era digital sekarang. 

"Sekarang memang eranya, saat dimana banjir informasi dan kompleksitas sosial bermula di era digital. Kita harus cakap, dan punya bekal literasi." Pungkas Hendro dalam presentasinya. 

Ketua III Bidang Kemahasiswaan STAI Auliaurrasyidin, Dr Ir Sahrudin MM juga sangat mengapresiasi kegiatan ini, beliau berharap dengan di laksanakannya kegiatan ini, mahasiswa dapat lebih bijak dalam menanggapi berita yang ditayangkan dan dapat menggunakan media dengan bijak. 

“Tidak menutup kemungkinan mahasiswa STAI Auliurrasyidin yang berlatar belakang pendidikan dan ekonomi akan menjadi seorang jurnalis,” jelasnya.