Gelar Diskusi Bersama, Bawaslu Inhil Ajak Mahasiswa Berpartisipasi Awasi Pemilu

Kamis, 23 September 2021

Marwahrakyat.com -- Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Indragiri Hilir Menggelar Diskusi Kepemiluan di Ruang Rapat Bawaslu Indragiri Hilir, Kamis, 23 September 2021
Adapun  Narasumber dalam kegiatan diskusi tersebut adalah Bapak Andang Yudiantoro, SH.,MH yang Merupakan Koordinator Divisi Hukum, Humas Data dan Informasi Bawaslu Indragiri Hilir. Kegiatan ini di ikuti Beberapa Organisasi Kemahasiswaan dari beberapa kampus yang ada di indraigiri hilir yakni  dari Universitas Islam Indragiri, Sekolah Tinggi Ilmu Agama Islam (STAI) Auliaurrasyidin Tembilahan serta Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Husada Gemilang.
Diskusi Kepemiluan kali ini mengangkat Tema “ Peran Mahasiswa Untuk Pemilu dan Demokrasi” kegiatan diskusi yang di mulai pukul 14:00 Hingga 16.30 Tersebut, dibuka secara langsung Oleh Ketua Bawaslu Indragiri Hilir Muhammad Dong, SP dan Juga di Hadiri Oleh Seluruh Komisioner Bawaslu Indragiri Hilir.
Dalam sambutannya Muhammad Dong, SP Menyampaikan Ucapan Terima Kasih kepada para mahasiswa yang telah hadir dan ikut serta dalam diskusi kepemiluan ini, peran serta Mahasiswa didalam pemilu sangat penting dan sangat kami harapkan.
“Terima Kasih Kami Ucapkan kepada para mahasiswa yang merupakan pengurus organisasi kemahasiswaan di kampus yang telah sudi meluangkan waktunya untuk hadir dalam diskusi kepemiluan yang kami selenggarakan ini, ini merupakan salah satu dari kegiatan pendidikan politik yang bawaslu indragiri hilir programkan” ungkap m.dong.
Sementara andang yudiantoro selaku narasumber memaparkan materi terkait permasalahan-permasalahan dalam demokrasi di indonesia terkhusus di indragiri hilir . diantaranya makin meningkatnya angka Golput didalam pemilu dan pemilihan, ini menandakan semakin kurang pedulinya masyarakat kita terhadap proses demokrasi, sementara pastisipasi masyarakat sangat dibutuhkan untuk menentukan pemimpin negeri ini.
Dalam diskusi ini kami mengajak adik-adik mahasiswa untuk menyemengatkan peranan masyarakat dalam proses demokrasi “mahasiswa merupakan elemen penting dalam proses demokrasi oleh karina itu kami mengajak dan berdiskusi terkait upaya meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu dan pilkada serentak di tahun 2024. Papar Andang.
Diskusi tersebut berlangsung dengan sesi tanya jawab yang sangat alot antara mahasiswa yang hadir dengan pemateri dan Pimpinan Bawaslu Indragiri Hilir.