Fauzan Aziz, Pemuda Inhil yang Jadi Ketua Taplai Lemhanas RI Angkatan Kedua

Kamis, 05 Agustus 2021

Fauzan Aziz


Marwahrakyat, Inhil -  Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan (Taplai) merupakan salah satu agenda rutin yang diselenggarakan oleh Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI).

Pada tahun 2021 kegiatan untuk Angkatan II dilaksanakan secara virtual yang diselenggarakan pada 26 Juli-3 Agustus dengan diikuti oleh 100 orang dari berbagai perwakilan organisasi maupun elemen-elemen masyarakat, termasuk perwakilan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) dari beberapa negara. Pemuda Inhil, Fauzan Aziz dipilih menjadi Ketua Taplai Lemhanas RI Angkatan II.

Pelatihan diisi dengan kuliah umum, diskusi interaktif, dan ‘virtual team building’. Selain itu, setiap peserta juga diberi kesempatan menuangkan gagasan masing-masing terkait nilai kebangsaan dalam makalah pribadi.

Kegiatan lalu diperas menjadi makalah kelompok, dan pada akhirnya dirangkum menjadi makalah angkatan. Seluruh proses kegiatan Taplai Lemhannas tampak jelas bermuara pada penyegaran dan penguatan kembali pemahaman terhadap 4 Konsensus Dasar Bangsa yaitu: Pancasila, UUD 1945, Sesanti Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara kesatuan Republik Indonesia.

Gubernur Lemhannas RI, Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo, saat membuka Taplai menegaskan bahwa sebagai warga bangsa yang disatukan karena perbedaan dan kemajemukan, tentunya nilai-nilai dan wawasan kebangsaan merupakan prasyarat mutlak yang harus dijaga demi tetap tegak dan utuhnya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Keberadaan para peserta di Lemhanas RI ini telah memiliki tekad untuk melakukan revolusi mental, transformasi sikap dan perilaku yang mencerminkan sosok pimpinan Daerah dengan kualitas karakter kebangsaan yang kuat."

Beberapa narasumber yang mengisi materi pada Pendidikan Taplai Lemhanas antara lain :

Mayjen TNI (Purn) E. Imam Maksudi, S.E.
Mayjen TNI (Purn) Lumban Sianipar, S.IP.
Laksda TNI (Purn) Bambang Darjanto, SH, S.Pi, MSc.
Laksda TNI (Purn) Ir. Yuhastihar, M.M.
Laksda TNI (Purn) Robert Mangindaan
Irjen Pol (Purn) Dr. Drs. E. Winarto Hadiwasito, SH., M.Si.
Irjen Pol Drs. Mulyatno, S.H., M.M
Prof. Dr. Njaju Jenny M.T. Hardjanto
Yudi Latif, M.A., Ph.D.
Dr. Panutan Sakti Sulendrakusuma, S.E., M.T., AKT
Dr. Drs. Winarto H, S.H., M.Si
Dr. Putu Sastra Wingarta
Ir. Hamry Guzman Zakaria, MM

Pemuda asal Inhil Riau, Fauzan Aziz dipercaya dan ditunjuk sebagai Ketua Pendidikan Taplai Lemhanas Angkatan 2 dari 5 ketua yang terpilih.

"Alhamdulillah saya di percayai oleh bapak bapak dan ibu ibu yang mengikuti Pendidikan Taplai Lemhanas ini dan jujur sebenarnya jika dilihat dari pengalaman dan keilmuan mungkin bapak bapak lebih pas untuk menjadi Ketua dibandingkan oleh saya. Tapi dengan kepercayaan bapak dan ibu berikan kepada saya dan saya siap mengemban amanah sebagai ketua di pendidikan Taplai Lemhanas RI!" tutur Fauzan Aziz Maulana mantap.

"Kalian adalah orang yang beruntung yang bisa mengikuti pendidikan pemantapan nilai nilai kebangsaan ini."

"Dari sekian ratus bahkan ribu orang yang mendaftar dari sabang sampai merauke dan setelah diseleksi dan kalian 100 orang inilah yang sah untuk mengikuti Pendidikan Lemhanas angkatan 2 tahun 2021 jadi saya berharap bapak bapak dan ibu-ibu dapat mengambil ilmu yang disampaikan oleh para nara sumber," ujar Brigjen TNI (Mar) Yuliandar T.D (Direktur Binlaks Taplai KBS Lemhanas RI).

Dikatakan Fauzan selaku Ketua Pendidkan Taplai Lemhanas, perasaanya tersebut seiring dengan tujuan dari dilaksanakan kegiatan Pendidikan Taplai Lemhanas. Yakni sebagai upaya memantapkan pimpinan daerah yang berintegritas, bermoral, beretika dan berkarakter, berwawasan kebangsaan, berpikir strategis, serta trampil dalam memecahkan masalah pembangunan nasional di daerahnya.

Di akhir Pendidikan dilantiklah Dr. Rr Dyah Eko Setyowati sebagai Ketua Umum Ikatan Alumni Lemhanas Angkatan 2 dan saya menjadi Wakil Ketua dari 6 Wakil Ketua yang dipilih oleh Ketua Umum.