CLI Kumpulan Pecinta Kucing, Gagas Gerakan Street Feeding

Selasa, 03 Agustus 2021

CLI, Tomi Ramadani dkk


Marwahrakyat.com, Indragiri Hilir - Kucing, menjadi salah satu hewan yang paling sering dijumpai di Indonesia. Umumnya sebagian besar orang menyukai kucing dengan ras tertentu seperti Anggora, Persia, Ragdoll, Scottish fold, dan beberapa jenis lain. Namun, kucing kampung yang banyak dijumpai di Indonesia sangat sedikit orang yang tertarik untuk merawat dan menyukainya.


Lantaran sedikit orang yang tertarik untuk merawat kucing kampung, banyak sekali kucing yang terlantar. Kucing liar biasanya mengonsumsi makanan sembarangan, sehingga banyak dari mereka yang mengalami kondisi kurang sehat.

Bagi para pecinta kucing, yang peduli terhadap nasib kucing di jalanan, Heru Agung Budi selaku Ketua CLI (Cat Lovers Inhil) bersama teman-teman pecinta kucing, seperti Tomi Ramadan dkk, membuat sebuah gerakan untuk memberikan makanan kepada kucing liar, dengan nama Gerakan Street Feeding.

“Saya terinspirasi dari sebuah postingan satu media sosial yang ada di luar Inhil,  tentang seseorang yang memberi makanan kepada kucing, lalu saya berniat untuk membuat gerakan serupa namun dengan sedikit inovasi dengan membagikannya secara langsung,” kata Mas Heru Sapaan beliau di komunitas CLI selaku pencetus Gerakan Street Feeding yang ada di Inhil  kepada Media Marwah Rakyat, pada Ahad, 1 Agustus 2021.

Gerakan ini mulai diawali pada 15 Mei 2021, dengan tujuan agar kucing liar yang ada di jalanan dapat merasakan makanan enak seperti kucing-kucing ras ternama yang dirawat dengan baik. Makanan yang biasa diberikan kepada kucing liar adalah jenis makan dry food dan wedfoot atau makanan kering atau basah khusus kucing.

Gerakan Street Feeding mendapatkan respon baik dari masyarakat, terutama mereka yang peduli kepada kucing.

Biaya yang digunakan untuk membeli makanan kucing ini berasal dari donasi para pecinta kucing dan juga teman-teman pemilik petshop seperti Koykoy Petshop, Rizky petshop, DnD petshop, amoot cat house, via petshop, Kucing Marau Petshop, Klinik Hewan Tembilahan, DR.Rano Kirman Center, TB Sumber Rizky, Family CatHouse, TOTI CATHOUSE. Tomi Ramadani selaku Wakil ketua CLI menambahkan sangat berharap lebih banyak pihak yang dapat berkontribusi untuk ikut dalam kegiatan membeli makanan kucing agar lebih banyak kucing liar yang bisa mengkonsumsi makanan enak dan sehat.

“Karena gerakan ini masih baru jadi sangat membutuhkan support oleh para donatur pecinta kucing. Sejauh ini juga belum ada kendala yang berarti karena masih baru, tapi belum tahu untuk kedepannya seperti apa,” ujar Tomi.

Gerakan yang dibuat oleh Mas Heru dan temannya telah membawa dampak baik untuk orang-orang sekitar dan beberapa kucing yang ada di jalanan. Orang-orang yang mengetahui gerakan ini menjadi terinspirasi untuk lebih peduli kepada kucing liar. Bagi orang-orang yang ingin berkontribusi dalam Gerakan Street Feeding, tidak ada syarat tertentu dan semua orang bisa ikut berkontribusi.

CLI membuka kesempatan bagi masyarakat yang berminat menjadi donatur, bisa hubungi pihak CLI melalui Nomor HP/WA Tomi Ramadani 082170922107
(Cat Lover Indonesia).