IKMAL Ikatan Keluarga Malalo Rayakan Idul Adha, Potong 5 Ekor Sapi dan Kambing

Selasa, 20 Juli 2021

Ikmal Qurban

Tembilahan, MarwahRakyat.com -- Ikatan Keluarga Malalo (Ikmal), yang merupakan organisasi masyarakat Minang asal Malalo merayakan Idul Adha 1442 Hijriyah dengan menyembelih 5 ekor sapi dan seekor kambing. Kegiatan pemotongan hewan kurban dilaksanakan di Lorong Kihong, Tembilahan Kota pada Selasa, 20 Juli 2021 atau 10 Zulhijjah 1442 Hijriyah.

Lima ekor sapi merupakan ibadah kurban dari 35 nama peserta, dan seekor kambing untuk satu peserta aqiqah.

Kegiatan dimulai dengan pembacaan doa sejak pukul 9 pagi, dipimpin oleh Ketua Panitia, Abuya Samhir yang juga Ketua Jumat Berbagi dan Koperasi Tasmal. Tampak pula hadir Ketua IKMR dan Ikmal, H. Fauzi pemilik Fatima Sport, serta pengurus dan ibu-ibu Ikmal Tembilahan.

H. Fauzi dalam wawancaranya menyebut, bahwa perayaan bersama keluarga besar Malalo ini rutin dan perlu dilakukan. Ia berharap kekompakan, silaturahmi dan kekeluargaan yang kuat antar sesama orang Malalo di Tembilahan.

"Ikmal merupakan organisasi nasional, yang dibentuk di Jakarta, sejak 80-an. Begitu dideklarasikan di pusat, maka yang di daerah otomatis mengikuti. Di Inhil juga Ikmal sudah dibentuk sejak 80-an." Tutur Haji Fauzi.

Abuya Samhir, ketua panitia menyatakan bangga dengan tradisi pelaksanaan hewan qurban Ikmal. Beliau mengharap terjaganya kekeluargaan Malalo Inhil, dan menjadi regenerasi anak-anak yang kompak dan menjunjung adat serta syara.

"Kegiatan positif dan tradisional seperti ini harus dilestarikan. Terutama pula warga bagi Malalo, yang berjumlah sekitar 170an KK di Inhil. Perayaan Idul Qurban dengan penyembelihan hewan, perlu melibatkan anggota yang tergabung dalam Ikmal. Agar ukuwah dan kekeluargaan tetap terpelihara sampai ke anak cucu," ucap Buya, panggilan akrabnya.

Kegiatan juga diselingi makan siang dan shalat berjamaah, dengan menu gulai kambing yang telah disiapkan ibu-ibu Ikmal.