Resensi Buku: Mencari Islam, Ahmad Tamimi

Sabtu, 05 Juni 2021

Ahmad tamimi, Mencari Islam

Marwahrakyat,com. -- (5/6/21)

INSPIRASI RUANG PERKADERAN
Oleh: Ahmad Tamimi

Segala puji bagi Allah Tuhan sekalian alam yang telah memberi semangat, sehat dan kekuatan sehingga naskah kajian Islam sederhana dapat diselesaikan. Ini adalah buku perdana yang saya tulis secara tunggal yaitu sebuah kajian Islam yang dulu rutin saya tekuni semasa kuliah dan aktif di HMI juga saat ini di berbagai sesi diskusi forum pertemuan serta pelatihan.

Berangkat dari semangat ingin memahami Islam Cuma merasa begitu luas sehingga saya berusaha menginventaris beberapa persoalan dan pertanyaan kunci yang agak filosofis, sistematis. Sehingga dari pertanyaan itulah saya mencoba mendesain pola naskah serta menguji dan mencari jawaban lewat berbagai referensi, diskusi dan renungan sehingga melahirkan naskah ini.


Segalanya adalah semata semangat dakwah Islamiah, melakukan transpormasi untuk islamisasi paham sehingga membuka peluang agama punya peran lebih realistis bagi kehidupan. Bagi saya menekuni aktivitas menulis tidak lain adalah dalam rangka menjalakan perintah Tuhan di bumi yaitu melalui pesan Iqra’ dan Qalam, dengan cara ini kita bisa mengembangkan wawasan pengetahuan lewat berbagai referensi dan kajian untuk menyoroti persoalan dan dinamika kekinian untuk mencerahkan. Ini adalah sebuah dialog pasif dan strategis dalam rangka membina dan mengembangkan umat lewat pena, kata dan pikiran.

Kenapa Mencari Islam
Buku ini bermaksud ingin melihat kembali kualitas keislaman kita. Mungkin selama ini hanya berada dalam posisi menerima tanpa pernah mencari tahu kenapa harus menerimanya. Kemudian setelah ditakdirkan menjadi Islam hanya sekian persen yang mendalami dan menguji. Selebihnya status keimanannya berada pada level wajibul yaqin

Mungkin faktor ini yang menjadi sebab orang beragama tapi kurang meresapi, menyadari sehingga abai dan inkar. Bila agama dipahami sebagai fitrah kemanusiaan, lalu kenapa prilaku itu begitu sulit sejalan dengan pesan ajaran. Jika ini sebuah sikap perlawanan terhadap fitrah itu, maka harus ada upaya konkrit meluruskannya. Disini urgensi hadirnya buku ini.

Buku ini bukanlah mencari Islam baru, akan tetapi sebatas Ikhtiar memperbaharui cara berislam dengan tujuan mengokohkan hati dan paham yang selama ini beragama kurang punya alasan.